Undip Sediakan 1.850 Unit Komputer untuk UTBK 

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) menyediakan 1.850 unit komputer untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Selain itu, panitia juga menyediakan beberapa unit cadangan komputer guna mengantisipasi terjadinya kerusakan atau antrean peserta ujian.

Pelaksanaan UTBK ini menjadi syarat awal seleksi bersama masuk perguruan tinggi (SBMPTN) di Undip yang digelar sejak Sabtu (13/4). Pada hari pertama, pelaksanaan UTBK terbilang tertib dan lancar.

Tidak ada peserta yang datang terlambat. Bahkan ruang ujian pun ditempati 20-40 peserta dan rata-rata terlihat penuh. Tetapi ada pula dua-tiga kursi yang kosong.

Tahun ini, sekitar 39.603 siswa yang mengikuti UTBK di Undip. Mereka terbagi dalam dua kelompok, yakni Saintek sekitar 21.739 orang dan Soshum mencapai 17.864 orang.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang melibatkan beberapa sekolah di Semarang, pelaksanaan UTBK di Undip diselenggarakan secara mandiri yang dipusatkan beberapa fakultas yang berlokasi di kampus Tembalang dan kampus Pleburan. Pelaksanaannya pun dikhususkan setiap hari Sabtu dan Minggu selama 22 sesi sampai 26 Mei 2019 nanti.

Rektor Undip, Yos Johan Utama, mengapresiasi panitia yang sudah menyiapkan keberlangsungan UTBK, termasuk pelayanan pada peserta difabel.

Baca jugaUTBK di Undip Berlangsung Sabtu Besok, Cek Lokasimu

“Kami sediakan 1.850 komputer dan beberapa unit cadangan untuk melayani peserta. Dan itu kami adakan secara mandiri sehingga kami dapat langsung memantau dan memonitor jalannya test UTBK secara penuh,” kata Yos.

Kesiapan ini juga terkait dengan antisipasi penuh terhadap kemungkinan joki yang mencoba menyusup sebagai peserta tes. “Insya Allah, semua aman dan lancar karena petugas akan secara penuh mengawasi dan mendeteksi secara berlapis persyaratan dan identitas peserta,” imbuh guru besar Fakultas Hukum Undip itu.

Yos juga meminta kepada peserta untuk tidak percaya dengan jasa joki dalam mengerjakan soal.

“Jangan percaya terhadap oknum yang bisa membantu mengerjakan soal, karena soal tiap hari dan tiap sesi akan berbeda bentuk dan tipenya,” terang Yos.

Sementara itu, seorang peserta, Aji Pratama, menyebut tes model UTBK lebih mudah dan nyaman dibanding tahun lalu. (nug/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*