fbpx Press "Enter" to skip to content

Tips Merawat Koleksi Kaset Pita

Selasa, 23 April 2019
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Walau kaset pita saat ini sudah jarang digunakan untuk mendengarkan musik, namun masih ada sebagian kolektor kaset pita yang mendengarkan musik dengan kaset. Sementara sebagian dari kolektor kaset pita ada pula yang sudah tidak memiliki player pemutar berupa tape, sehingga menjadikan kaset koleksinya hanya sebatas dimuseumkan.

Bagi kolektor kaset pita, tentu khawatir jika kaset yang sudah lama tidak diputar akan menghasilkan suara tak begitu bagus. Atau pita kaset itu dipenuhi debu juga jamur, yang membuat pita kaset menjadi kusut.

Berikut tips merawat kaset pita:

1. Putar Kaset Satu Side Sebulan Sekali

Guna menghindari jamur yang bersarang pada pita kaset, usahakan memutar kaset satu side saja. Mau side A atau B. Tujuannya selain menghindarkan jamur memenuhi pita kaset, juga agar pita kaset tidak cepat lengket atau kusut. Umumnya pita kaset yang kusut terjadi pada pita kaset berdurasi 90 menit (C90 minutes).

2. Jangan Letakkan Kaset di Tempat yang Panas

Bagi yang di mobil masih menggunakan tape mobil jadul, jangan coba-coba meninggalkan kaset dalam tape mobil, atau meletakkan di dashbord mobil. Sebab akan terkena panas yang menyebabkan pita kaset menjadi kusut.

Baca juga: Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Membaca Buku

3. Ganti Gabus Kaset

Mengganti gabus pada pita kaset adalah ketika gabus itu sudah aus. Sehingga suara lagu dari pita kaset pun menjadi tidak balance atau kurang terdengar jelas.

4. Jangan Biasakan Memutar Kaset Sampai Ujung Pita

Jangan membiasakan memutar kaset sampai ujung pita. Apalagi dalam posisi pita di ujung itu ditarik kencang, lantaran memang sudah habis di ujung. Kebiasaan semacam ini akan menyebabkan pita terlepas dari ujungnya. Atau ujung pita berupa rol itu akan retak/pecah yang menyebabkan pita terlepas dari rolnya.

5. Simpan Kaset Berdasarkan Tahun Rilis

Kaset album adalah rekaman sejarah karier penyanyi/musisi. Sudah pasti ada tahun rilisnya. Jika tidak tahu tahun rilisnya, buka situs penyanyi/musisi itu. Kemudian susun kaset berdasarkan tahun rilis, atau seri albumnya. Sehingga terlihat rapi dan sedap dipandang mata. (nug/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id