Tiga Operasi Pasar Tak Ampuh Tekan Harga Bawang

Mari berbagi

JoSS, SOLO – Tiga operasi pasar ternyata tidak memberi dampak pada harga bawang di Solo. Operasi pasar itu telah digelar tim pengendali inflasi daerah (TPID) kota Solo di Car Free Day, Pasar Gede, dan Pasar Nusukan. Akan tetapi operasi pasar akan terus dilanjutkan hingga 12 April.

Padahal TPID dan Bank Indonesia (BI) yang bekerja sama dengan berbagai pihak telah memberi subsidi harga bawang merah dan bawang putih yang dijual di bazar. Sehingga harganya terpaut cukup tinggi dibanding yang dijual di pasar tradisional.

Pada bazar, setelah diberi subsidi masing-masing Rp 3.000, bawang merah dijual seharga Rp 29.000 per kg dan Rp 37.000 untuk bawang putih. Sementara di pasaran, harga bawang putih masih Rp 48.000, sedangkan bawang merah Rp 32. 000.

“Sejauh ini belum berdampak. Karena untuk harga masih tinggi dan belum ada tanda-tanda ada penurunan. Harga bawang putih masih Rp 48 ribu per kilo gram dan bawang merah Rp 32 ribu per kilo gram, ” kata Daryanti, salah seorang pedagang, seperti yang dilansir dari suaramerdeka.com, Rabu (10/4).

Menurutnya, masih tingginya harga tersebut karena operasi pasar yang digelar TPID tidak menyasar ke pedagang. Melainkan langsung kepada pembeli dengan stok terbatas.

Baca jugaMinggu, Ada Operasi Pasar Di Pasar Sriwedari Solo, Catat Jamnya

“Lagi pula, pembeliannya dibatasi dan waktunya tidak lama, sehingga masih belum berdampak kepada turunnya harga ditingkat pedagang. Pedagang masih menyesuaikan harga jual dari distributor, “jelasnya.

Hal senada dikatakan pedagang lainnya, Yanti. Menurut dia, bawang putih yang dijualnya masih di harga Rp 50.000 sedang bawang merah Rp 45.000.

“Karena harga tinggi itu, kita tidak berani mengambil stok banyak, takut rugi kalau sewaktu-waktu nanti harga bisa turun,” ungkapnya.

Fungsi Koordinasi dan Kebijakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo, Yuni Herlina, mengakui belum terdampaknya operasi pasar terhadap harga bawang merah dan bawang putih. Namun menurut dia, masih tingginya harga bawang putih, karena memang supplainya terkendala izin impor dan bawang merah juga belum pada panen raya karena musim. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*