fbpx Press "Enter" to skip to content

Paling Rumit, Pemilu Indonesia Jadi Sorotan Dunia

Rabu, 17 April 2019
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Pemilu 2019 di Indonesia di nilai sebagai pemungutan suara paling rumit se dunia, Pemilihan Presiden yang digabung dengan pemilihan legislative ini juga menjadi pemilu terbesar sepanjang sejarah.

Karenanya sejumlah media internasional menyoroti pelaksanaan pemilihan umum pada Rabu (17/4) ini. Banyak media asing yang mewartakan pesta demokrasi yang menakjubkan ini.

Surat kabar The Straits Times misalnya. Mereka tidak hanya memberitakan pemilu Indonesia. Media asal Singapura itu juga membuat laporan langsung atau live report terkait proses pemungutan suara hari ini.

Selain itu, dilakukan The Straits Times, media berbasis di Asia lainnya seperti portal berita Channel NewsAsia, South China Morning Post (SCMP), Nikkei, kantor berita NHK, dan Times of India juga turut memberitakan pesta demokrasi lima tahunan ini.

Baca jugaPemilu, Pusat Perbelanjaan di Solo Mundurkan Jam Operasional

Sejumlah media arus utama asal barat juga tak luput meliput pemilu 2019. Kantor berita berbasis di Inggris seperti Reuters danBBC juga membuat sejumlah laporan mendalam terkait pemilihan presiden Indonesia.

Kantor berita asal Qatar, Al Jazeera dan media asing lainnya seperti Bloomberg, Agence France-Presse (AFP) asal Perancis, juga mewartakan hal serupa.

Majalah The Economist juga melaporkan bahwa Indonesia akan menghadapi pemilihan umum terbesar dalam sejarah dunia dalam satu.

Sementara itu, lembaga kajian Australia, Lowy Institute, menyebut bahwa pemilihan umum 2019 di Indonesia termasuk paling rumit dan paling menakjubkan di dunia karena skalanya yang besar dan dilaksanakan dalam satu hari saja.

Maklum, pemilu yang dilakukan Rabu ini berbeda jika dibandingkan sebelumnya. Kali ini, pemilu dilaksanakan secara serentak untuk memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPRD provinsi, anggota DPRD kabupaten/ kota dan anggota DPD.

Proses pemilu serentak ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Indonesia. Sebanyak 192,8 juta warga negara akan menggunakan hak pilihnya hari ini.

Dalam pemilu kali ini, sebanyak 810.0329 tempat pemungutan suara akan dibuka dan dijaga oleh 7,2 juta panitia pemilu. Jumlah panitia tersebut melebihi penduduk Singapura yang hanya 5,6 juta.

Sedangkan jumlah total calon anggota legislatif yang bersaing sebanyak 245.000 orang yang memperebutkan sekitar 20.500 kursi yang ada di 34 provinsi dan sekitar 500 kabupaten kota.

Pada pemilu legislatif, sebanyak 575 orang anggota legislatif akan dipilih dari 16 partai peserta pemilu.

Sebanyak 40% pemilih berusia antara 17 hingga 35 tahun, dan ini menjadi rebutan para kontestan pemilu, atau sekitar 80 juta orang. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id