Pabrik Gula Mojo Targetkan Produksi Gula 17.300 Ton

Mari berbagi

JoSS, SRAGEN – Pabrik Gula (PG) PT Mojo Sragen menargetkan produksi gula kristal putih (GKP) sebanyak 17.300 ton pada musim giling mulai 8 Mei mendatang.

Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX, Iryanto Hutagaol mengatakan dalam musim giling yang berlangsung selama 150 hari itu, PG Mojo menargetkan bisa menggiling tebu sebanyak 230.000 ton dengan rendemen minimal 7,54%.

“Target rendemen minimal 7,54%. Syukur bisa menyentuh 8%. target produksi GKP sebesar 17.300 ton itu sudah meningkat dibanding tahun sebelumnya,” jelasnya, belum lama ini.

Dia menuturkan luasan lahan tebu milik petani yang sudah menjalin kerja sama dengan PG Mojo saat ini mencapai 3.800 hektare. Iryanto menjelaskan kapasitas mesin giling tebu milik PG Mojo mencapai 4.000 ton/hari.

Saat ini, PG Mojo menargetkan penggilingan tebu minimal 3.750 ton/hari.

“Kami sudah mengeluarkan biaya Rp225 miliar untuk merevitalisasi PG Mojo selama dua tahun terakhir. Kami harapkan proses giling tebu pada musim ini berjalan lancar,” ucapnya, seperti dikutip dari Solopos.

Baca juga: Hyundai Bangun Pabrik di Indonesia

Sementara itu, Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mengatakan sebenarnya luasan lahan tebu di Sragen mencapai 7.635 hektare. Jumlah itu sudah bertambah sekitar 1.500 hektare dibandingkan 2015 lalu.

Akan tetapi, dia tidak memungkiri tidak semua petani bersedia menggiling tebu di PG Mojo. Mereka memilih menggiling tebu di sejumlah pabrik gula di luar Sragen.

Dia menambahkan di Jawa Tengah itu ada lima pabrik gula. Salah satu yang paling besar ya di PG Mojo ini. Sebagai warga Sragen pihaknya meminta masysrakat untuk melestarikan keberadaan PG Mojo ini.

“Caranya ya dengan membawa tebu hasil panen ke PG Mojo ini. Itu wujud cinta kepada Sragen. Kalau memilih menggiling tebu di pabrik tetangga, itu namanya tidak cinta Sragen. Semua petani tentu tidak ingin tebu dijual murah. Itu bisa dibahas dengan duduk bersama,” ucap Bupati. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*