Minimalkan Sambaran Petir KAI Minta Bantuan ITB

ITB
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan meminta bantuan ahli-ahli petir dari ITB untuk mencari solusi serangan petir pada Kereta Rel Listrik (KRL). Menyusul kasus yang terjadi pada KRS Jalur Serpong yang mogok karena sambaran petir awal bulan ini.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan serangan atau sambaran petir kerap membuat masalah pada operasional kereta rel listrik komuter atau KRL Jabodetabek. “Selasa ini langsung rapat, memberitahu ini kasusnya, apa yang bisa kita lakukan untuk menanggulangi petir ini,” katanya, belum lama ini.

Edi mengatakan, persatuan ahli petir mempunyai riset peta daerah petir di Indonesia. Dalam peta itu diyakininya Jabodetabek termasuk daerah petir paling berat di dunia. Begitu beratnya hingga operasional KRL bisa dan bolak-balik terdampak.

Padahal setiap rangkaian KRL disebutkannya telah dilengkapi penangkal petir. “Namun kalah itu dengan kekuatan (petir) yang besar sekali,” kata Edi.

Edi mengatakan, kebanyakan sambaran petir yang mengganggu kereta api berada di seputaran Jabodetabek. Dia menunjuk contoh kasus terbaru di Bekasi. Ada juga yang terjadi di Tangerang Selatan pada awal pekan ini. Masing-masing langsung menyebabkan penumpukan penumpang sangat besar.

“Pakar ini punya daerah, punya petanya. Kami akan minta advis untuk menanggulangi ini. Saya yakinkan, ini pasti harus ada solusi,” kata Edi.

Direktur Komersial PT KAI, Dody Budiawan mengatakan, daerah lintasan kereta di Sawangan yang terhitung sering terkendala akibat sambaran petir. “Sawangan itu  luar biasa. Sudah petirnya intensitasnya tinggi, frekuensinya sering di situ,” kata dia.

Baca juga: KAI Siap Operasikan Kereta Bandara Kertajati

Sebelumnya sambaran petir sempat mengakibatkan KRL KA 2008 tujuan Tanah Abang-Maja dan KA 2010 tujuan Tanah Abang-Parung Panjang mogok pada 1 April 2019 lalu. Seperti yang pernah terjadi, petir menyambar sistem Listrik Aliran Atas (LAA) yang menjadi sumber penyuplai energi KRL.

VP Komunikasi PT KCI Anne Purba mengatakan evakuasi KRL KA 2008 tujuan Tanah Abang- Maja dan KA 2010 tujuan Tanah Abang, Parung Panjang, telah selesai. Kereta itu tiba-tiba mati ketika memasuki Stasiun Sudimara.

“Kedua KRL ditarik ke Stasiun Serpong dan Stasiun Parung Panjang. Saat ini di lintas Pondok Ranji – Sudimara masih berlangsung perbaikan prasarana perkeretaapian Listrik Aliran Atas yang ketika proses evakuasi sempat tersambar petir,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin 1 April 2019.

Anne mengatakan PT KCI menghimbau para pengguna untuk dapat menggunakan alternatif moda transportasi lain selama proses perbaikan yang masih berjalan.

“PT KCI juga mempersilakan pengguna untuk melakukan refund maupun batal perjalanan di loket stasiun. PT KCI juga meminta para pengguna yang hendak menunggu KRL untuk selalu mengutamakan keselamatan bersama dengan tidak berdesakan, mendahulukan penumpang yang turun dari kereta dan senantiasa mengikuti informasi serta arahan dari petugas,” ujarnya.

Apriyanti (46), salah seorang penumpang yang sempat menunggu di stasiun Sudimara mengatakan bahwa sesampainya di stasiun Sudimara sekitar pukul 17.00 wib ia melihat penumpang KRL sudah menumpuk. “Saya mau ke Palmerah, nyampe di stasiun Sudimara udah ada kereta yang mogok begitu, penumpang juga sudah banyak di peron,” ujarnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*