fbpx Press "Enter" to skip to content

Jangan Sepelekan Gigi Berlubang

Selasa, 16 April 2019
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Salah satu masalah yang dialami pada gigi adalah munculnya lubang. Akan tetapi persoalan gigi berlubang selalu dianggap sepele. Padahal jika disepelekan, akan memunculkan masalah lain pada gigi.

Seperti yang dilansir dari Reader Digest, menyepelekan gigi berlubang dapat menimbulkan kerusakan serius, seperti, kerusakan syaraf, gigi terbelah, gigi mati bahkan inveksi.

Rasa sakit pada gigi berlubang yang tak kunjung ditangani memicu kerusakan saraf. Jika hal ini terjadi, Anda sebaiknya mencabut gigi agar tidak menyebabkan masalah lain yang semakin parah.

Gigi yang terus-menerus terasa ngilu merupakan tanda kerusakan yang parah. Dalam kondisi terburuk, hal ini menyebabkan gigi rapuh dan lebih mudah retak. Anda semestinya segera menambal atau malah mencabut gigi tersebut agar tidak timbul masalah lain.

Sementara itu, gigi berlubang yang tidak ditangani akan mengalami kerusakan. Lama-kelamaan, rasa ngilu di gigi memang hilang. Namun, itu tandanya gigi sudah rusak karena sarafnya mati. Tidak ada gunanya mempertahankan gigi tersebut.

Jaringan mati yang tertinggal di gigi bisa memicu infeksi yang cukup parah. Bakteri dan racun yang berkumpul di jaringan mati ini bakal menjalar ke pipi dan mulut. Akhirnya, Anda bakal mengalami pembengkakan di sekitar rongga mulut.

Baca jugaRS Gigi dan Mulut Soelastri Solo Baru Layani Pasien Umum

Itulah beberapa masalah yang bakal timbul akibat membiarkan gigi berlubang. Jika tidak ingin hal itu terjadi, periksakan kesehatan gigi setiap enam bulan sekali.

Sakit karena gigi berlubang tergantung pada tingkat keparahannya, sehingga mengatasi gigi berlubang pun tergantung kondisi sakit giginya.

Jika gigi berlubang baru sedikit terjadi, mungkin hanya butuh rajin menyikat gigi dengan pasta gigi fluoride. Pasta gigi fluoride mungkin dapat membantu mengatasi gigi berlubang agar tidak bertambah parah.

Namun, jika gigi berlubang sudah parah dan sudah pasti akan memicu rasa sakit. Oleh sebab itu jika rasa sakit itu muncul, kompres pipi selama 10-15 menit dengan air dingin atau es. Selain itu meminum obat pereda sakit gigi seperti acetaminophen atau ibuprofen. (nug/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id