Dinas Pendidikan Solo Pastikan Jumlah Peserta UNBK SMP Tetap

Mari berbagi

JoSS, SOLO – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo pastikan tidak ada perubahan jumlah peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 untuk jenjang SMP. Tercatat sebanyak 18.421 siswa SMP/MTs di Solo telah siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 22 April mendatang.

Rinciannya 6.896 siswa dari SMP negeri dan 11.525 siswa dari SMP swasta. Di Solo terdapat 27 SMPN, 51 SMP swasta, dua MTs Negeri, dan enam MTs swasta. Semua sekolah mengikuti UN yang dijadwalkan pada 22-25 April mendatang.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Solo, Bambang Wahyono, berdasarkan verifikasi memang tidak ada penambahan jumlah peserta UNBK SMP.

“Sudah fixed, yang tertera di Daftar Nominasi Tetap (DNT) ya 18.421 siswa,” kata Bambang, seperti yang dilansir dari solopos.com, Senin (8/4).

Dia menambahkan, UNBK ini nantinya bisa mencegah kecurangan. Sebab masing-masing soal yang diujikan berbeda untuk setiap peserta. Sehingga peserta satu dengan lainnya tidak mungkin mencontek.

Baca jugaKunci Jawaban UNBK Beredar di Aplikasi Line

Selain itu, untuk persiapan UNBK, setiap sekolah nantinya wajib menyiapkan genset untuk mengantisipasi kendala teknis. Menurut pengalaman UNBK tahun lalu, ada beberapa sekolah yang server-nya bermasalah.

“Semoga tahun ini tidak ada kendala dalam pelaksanaan UNBK. Saya optimistis pelaksanaan UN, khususnya UNBK, tidak menemukan kendala berarti. Sebagai persiapan, setiap sekolah yang menggelar [UNBK] sudah melakukan simulasi, baik teknisi, proctor, maupun pengawas. [Semua] yang menangani UNBK cukup terlatih,” ujarnya.

Sementara, Kepala SMPN 7 Solo, Siti Latifah, mengaku memiliki 130 komputer yang siap digunakan untuk UNBK mandiri. Hal itu disesuaikan dengan jumlah peserta ujian.

“Nanti sistemnya bergantian. Kalau semua masuk tidak muat. Jadi proses ujian akan digelar secara bergelombang atau bertahap,” terangnya.

Dalam rangka mengantisipasi komputer yang rusak saat ujian berlangsung, SMPN 7 Solo sudah menyiapkan dua komputer cadangan. Komputer cadangan tersebut dilengkapi dengan software untuk menjalankan UNBK.

“Kami dan siswa siap mengikuti ujian tersebut. Semua siswa sudah familiar dengan komputer sehingga tidak akan mengalami kesulitan ketika harus mengerjakan ujian,” pungkasnya. (nug/lna) 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*