Catcalling, Bentuk Pelecehan Seksual Yang Sering Diabaikan

catcalling
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Catcalling, adalah bentuk pelecehan seksual kepada wanita yang sering diabaikan. Istilah ini bisa dikatakan masih asing di mata awam. Bentuknya berupa panggilan romantis kepada wanita.

Namun sayangnya, catcalling dianggap sebagai hal biasa. Bahkan dijadikan sebagai bahan candaan bagi para pria untuk menggoda wanita. Tujuannya agar terlihat berani di mata teman-temannya. Akan tetapi justru hal itu memberi dampak tekanan psikologi pada wanita yang menjadi sasaran catcalling.

Aliansi Laki-laki Baru, Nus Hasyim, mengecam tindakan catcalling yang sering kali ditujukan kepada wanita. Hal ini bisa membuat wanita tersebut ketakutan. Hingga enggan melakukan kegiatan yang seharusnya bisa dia lakukan sendiri.

“Jangan sampai ada wanita yang dulunya sering menggunakan jalan untuk beribadah menjadi takut untuk lewat hingga dia tidak berani berangkat ke tempat ibadah. Ada pula yang mengambil jalan memutar yang sangat jauh demi menghindari bertemu dengan para laki-laki,” kata Nus Hasyim, seperti yang dilansir dari metrosemarang.com, Selasa (9/4).

Menanggapi hal tersebut, Komisioner Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan, Mariana Amiruddin, memiliki beberapa tips yang mungkin bisa digunakan para wanita untuk membuat pelaku catcalling jera.

Baca jugaPBB Nyatakan Perang Terhadap Pelecehan Seksual

“Biasanya para pria yang melakukan catcalling adalah pengecut. Mereka hanya berani melakukannya ketika mereka beramai-ramai,” tuturnya.

Dia menyarankan agar wanita tersebut berani mendatangi pria yang memanggilnya kemudian berbicara mempertanyakan maksud pria tersebut secara spesifik.
“Manggil saya? Ngajak kenalan saya? Ngomong yang jelas biar saya jawabnya juga enak,” kata Mariana, mencontohkan.
Cara lainnya adalah melakukan sesuatu yang membuat pria tersebut tidak nyaman, seperti batuk kemudian meludah. Hal itu dimaksudkan agar membuat imajinasi pria tentang wanita yang cantik dan sopan akan hilang dan mengurungkan niatnya lebih lanjut.
Hasyim menambahkan, pria-pria yang kerap kali melakukan catcalling merasa bahwa wanita suka diperlakukan demikian. Padahal hal tersebut adalah keliru. Tindakan seperti itu justru membuat wanita risih dan takut.
Oleh karena itu, pria harus disadarkan jika hal tersebut membuat wanita tidak nyaman. Salah satu cara memberi tahu adalah memberanikan diri untuk memberi pengertian bahwa wanita tersebut tidak suka diperlakukan demikian. (nug/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*