Begini Pentingnya Sekolah Adiwiyata Bagi Siswa di Madiun

Madiun
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, MADIUN – Wali Kota Madiun, Sugeng Rismiyanto menyatakan pembangunan budaya berwawasan lingkungan yang berkelanjutan bagi siswa sangat penting. Untuk itu pihaknya mendorong agar semua sekolah bisa menyandang predikat sebagai sekolah adiwiyata.

Menurut dia, sekolah adiwiyata sangat penting, guna mencetak siswa yang peduli akan lingkungan hidup.

Menurutnya, saat ini ada sembilan sekolah adiwiyata mandiri, 17 sekolah adiwiyata nasional, dan 11 sekolah adiwiyata tingkat provinsi di Madiun. “Tahun ini, ada lima sekolah diajukan seleksi Adiwiyata lagi. Jumlah itu diharapkan terus bertambah,” ujar Sugeng Rismiyanto, seperti yang dilansir dari MadiunPos.com, Minggu (31/3).

Untuk itu, ungkap Sugeng Rismiyanto, puluhan predikat Adiwiyata yang diperoleh sejumlah sekolah di Kota Madiun tersebut harus diikuti dengan implementasi di lapangan. Bahkan, kalau bisa menular ke lingungan tempat tinggal siswa.

Guna mewujudkan sekolah Adiwiyata, Wali kota mengajak peserta didik untuk terus melaksanakan apa yang menjadi pokok utama Adiwiyata. Yakni, pengelolaan sampah yang baik demi terwujudnya lingkungan hidup yang bersih dan sehat.

Hal itu, hendaknya dilakukan setiap hari tanpa memikirkan sedang ada penilaian dalam rangka pengajuan sekolah Adiwiyata atau tidak.

Maka dia berharap peserta didik dan kepala sekolah baik sekolah tingkat SD mau pun SMP terus membudayakan pengelolaan sampah dengan baik.

Baca juga: Begini Cara Pemkot Madiun Dorong IKM Jadi Eksportir

“Tolong, anak-anak diajak untuk mengurangi sampah di lingkungan sekolah masing-masing. Ini penting karena kebersihan merupakan tanggung jawab bersama dan wajib dimulai dari diri sendiri,” imbaunya.

Dengan kebiasaan tersebut, lingkungan akan bersih dan kesehatan terjaga. Terlebih lagi, demam berdarah dapat ditekan dan tercipta generasi muda yang peduli kebersihan lingkungan.

“Soal penghargaan, pastinya hal itu akan mengikuti dari budaya peduli lingkungan yang telah terorganisir dengan baik tersebut,” pungkasnya.

Perlu diketahui Adiwiyata adalah program pendidikan lingkungan hidup sebagai upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagainorma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk Cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Mengingat sejarah dan manfaatnya yang sangat besar, Adiwiyata diharapkan bukan sebatas nama program untuk tujuan lomba saja, tetapi bisa dilaksanakan oleh semua pihak yang peduli lingkungan hidup. Karena program ini terbukti mampu membangun karakter generasi bangsa. (nug/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*