fbpx Press "Enter" to skip to content

Batal Diresmikan, Tol Pandaan-Malang Dibuka Fungsional Gratis

Senin, 15 April 2019
Mari berbagi

JoSS, MALANG – Peresmian jalan tol Pandaan-Malang yang tadinya dijadwalkan Jumat (12/4) batal dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, karena berbenturan dengan jadwal presiden. Meski demikian jalan tol ini sudah bisa dibuka fungsional dan gratis.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimujono mengatakan, rencananya seksi 1-3 dari Pandaan – Singosari sepanjang 30,55 kilometer siap diresmikan.

“Harusnya Pak Presiden kan ke Malang untuk (menghadiri final) Piala Presiden itu. Mungkin karena ada acara lain, jadi itu tidak jadi diresmikan,” kata Basuki, belum lama ini.

Basuki pun belum bisa memberikan kepastian kapan tol Pandaan – Malang bisa diresmikan. Namun, jika dibutuhkan untuk dibuka secara fungsional, Basuki tak mempermasalahkannya.

“Kalau mau dipakai, menurut saya bisa dipakai saja. Sebenarnya tidak harus juga, peresmian itu kan hanya inagurasi,” lanjutnya.

Baca jugaJalan Tol Pandaan – Malang Siap Diresmikan

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Danang Parikesit mengatakan bahwa untuk tarif tol Pandaan-Malang belum diputuskan tarifnya, sehingga masih gratis.

“Sudah bisa digunakan, namun taruf belum diputuskan, karena baru proses izin operasi, masih dievaluasi. Rata-rata kan Rp1.100 kalau di Jawa timur kecuali Pasuruan- Probolinggo,” ujarnya, belum lama ini.

Secara keseluruhan, investasi pembangunan jalan tol Pandaan – Malang mencapai Rp5,9 triliun dengan nilai konstruksi Rp3,7 triliun. Konsesi jalan tol dimiliki PT Jasamarga Pandaan Malang.

Jalan Tol Pandaan-Malang diharapkan menjadi akses penting bagi untuk arus barang dan pmanusia antara Surabaya dan Malang. Saat ini, perjalanan dari Surabaya ke Malang bisa mencapai empat hingga enam jam. Melalui jalan tol, waktu tempuh hanya satu jam.

Sekedar diketahui, tol Pandaan-Malang memiliki panjang 38,488 kilometer. Ada 5 seksi pada jalan bebas hambatan ini. Diantaranya seksi 1 adalah Pandaan hingga Purwodadi sepanjang 15,475 kilometer. Lalu seksi 2 yakni Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 km.

Dia menambahkan, untuk ruas Lawang-Singosari pada seksi 3 sepanjang 7,1 km. Lalu Singosari-Pakis pada seksi 4 sepanjang 4,75 km. Terakhir sepanjang 3,11 km seksi 5 Pakis-Malang. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id