COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

111.455

113.134

1%

Kasus Baru

1.519

1.679

11%

Update: 3 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

1.500 Paket Sembako Murah Ludes 2 Jam, KAI : Tidak Ada Kaitan Politik

Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Suasana beda nampak di halaman UPT Crew KA Stasiun Poncol, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (2/4) pagi. Puluhan orang berdiri berjejer dan urut sesuai kedatangan, mulai sekitar pukul 07.30 WIB.

Para warga tersebut, yang didominasi warga sekitar Stasiun Poncol, bukan bermaksud antre membeli tiket kereta untuk Lebaran mendatang. Ya mereka rela mengular hingga area parkir halaman UPT demi mendapat paket sembako murah yang disediakan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang.

Alunan akustik dari band penghibur cukup membuat suasana pasar murah meriah. Ditambah kehangatan mentari menjadikan warga yang antre lebih rileks membeli paket sembako murah.

Dalam waktu singkat, ssekitar 2 jam, sebanyak 1.500 paket sembako murah ludes dibeli warga yang didominasi dari kalangan tak mampu itu.

“Alhamdulillah ada paket sembako murah. Bisa untuk meringankan dan membantu memenuhi kebutuhan sehari,” tutur Asih (48), salah satu warga.

Baca jugaKaisar Akihito Segera Serahkan Tahta Krisantium Pada Putra Mahkota Naruhito

Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop 4 Semarang, M Nurul Huda DS menyampaikan kegiatan pasar murah paket sembako digelar dalam rangka HUT Kementerian BUMN.

“Kegiatan hari ini bagian dari program Kementerian BUMN bertajuk 1 Juta Paket Pangan Murah. Dalam rangka memeriahkan HUT Kementerian BUMN ke-21 yang jatuh pada tanggal 13 April 2019 besok,” beber dia.

PT KAI yang jadi bagian dari BUMN punya tanggungjawab nyengkuyung program tersebut. Khusus Daop 4 Semarang mendapatkan kuota untuk membagikan sebanyak 4.000 paket sembako murah dari 30.000 paket yang dibagikan di seluruh wilayah kerja PT KAI di Pulau Jawa.

Huda menjelaskan selain 1.500 paket sembako yang dijual murah di Poncol, 2.000 paket sembako murah juga disediakan di ajang Car Free Day, depan Kantor Telkomsel Jalan Pahlawan, Semarang, Minggu (7/4). Juga 500 paket di Stasiun Tegal pada Selasa (9/4).

Dalam menyediakan paket sembako untuk Corporate Social Responbility (CSR) tersebut, PT KAI dibantu oleh 5 BUMN lain, yakni Perum Bulog, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, PT Rajawali Nusantara Indonesia, PT Perkebunan Nusantara III dan PT GARAM.

“Harga Rp 42.500/paket namun dijual hanya dengan harga Rp 10.000/paket. Paket tersebut berisi 1 kg beras, 1 liter minyak goreng, 450 gr gula pasir, 250 gr garam, dan 420 gr sarden,” jelas dia.

Dalam kesempatan itu, Huda memastikan kegiatan KAI maupun BUMN lain di Kementerian BUMN tidak terkait dengan agenda tahun politik.

“Saya jamin tidak karena program CSR ini rutin kami berikan. Tidak ada kaitan dengan tahun politik atau apapaun. Dan ini diatur dalam UU BUMN bahwa BUMN wajib menyisihkan dana untuk CSR,” tegas dia.

PT KAI sendiri, lanjutnya, tahun-tahun sebelum 2019 sering menggelar kegiatan CSR, baik berbentuk bina lingkungan maupun kemitraan atau pembinaan UMKM.

“Dan CSR bina lingkungan itu seperti kegiatan hari ini maupun Rail Clinic, pelayanan kesehatan gratis di kereta yang kami gelar belum lama ini di Stasiun Alastua, Semarang,” tukas dia. (Joy/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*