Warga Keluhkan Jalan Rusak Akibat Proyek Rel Bandara

jalan rusak
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Warga Kampung Lemah Abang dan Nusukan mengeluhkan kondisi jalan yang rusak parah akibat sering dilintasi truk besar berbeban material berat untuk pembangunan proyek rel kereta bandara.

Jalan beraspal yang menghubungkan perlintasan kereta api Palang Joglo dengan Kampung Lemah Abang, Kadipiro, Banjarsari, Solo, sejak beberapa bulan terakhir.

Bagian-bagian badan jalan yang ambles tergenang air hujan yang mengguyur sehari sebelumnya. Sebagian lain badan jalan tertutup tanah basah dari proyek sehingga licin dan membahayakan pengendara motor.

Padahal jalur tersebut merupakan jalur utama warga Lemah Abang dan sekitarnya bila akan menuju Nusukan dan sekitarnya. Seperti dikutip dari Solopos.com, seorang pedagang yang berjualan di pinggir jalan itu, Darmadi, menuturkan kerusakan jalan terjadi sejak ada proyek pembangunan jalur kereta bandara.

“Kondisi jalan rusak parah, bahaya sekali kalau habis hujan karena kondisi jalan yang ambles tertutup tanah basah dan genangan air,” katanya.

Namun Darmadi hanya bisa pasrah hingga pengerjaan proyek selesai. Dia berharap setelah proyek kereta bandara rampug, jalur tersebut langsung diperbaiki.

Baca juga: Kucuran Dana Penyelesaian Pembangunan Jalan di Boyolali Capai Rp109 Miliar

Penuturan senada disampaikan Puji, salah seorang pengguna jalan Palang Joglo-Lemah Abang. Dia mengaku beberapa kali melewati jalur itu untuk mengindari kemacetan di Palang Joglo. Namun sejak ada proyek kereta bandara dia tak berani lewat situ.

“Sudah lumayan lama tak lewat sini, ternyata rusak parah. Bahkan di dekat pertigaan yang menuju ke RSUD Ngipang ada tumpukan tanah uruk di badan jalan. Kendaraan roda empat dipastikan tidak bisa lewat. Motor pun belum tentu bisa,” tutur dia.

Puji berharap jalur tersebut langsung diperbaiki begitu pengerjaan proyek kereta bandara selesai karena jalan itu merupakan salah satu jalur utama menuju RSUD Ngipang. “Kasihan para pasien dari arah selatan yang mau ke RSUD Ngipang,” imbuh dia.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi II DPRD Solo, Supriyanto, mengakui kondisi jalur tersebut rusak parah. Tapi setelah mengecek ke daftar proyek pembangunan infrastruktur jalan Solo 2019 dia tidak menemukan data agenda perbaikan jalur tersebut.

Menurut dia jalan di Kelurahan Kadipiro yang akan diperbaiki tahun ini yaitu Jl. Samudra Pasai dengan anggaran Rp2,8 miliar. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*