Uni Eropa Denda Google Sebesar 1,49 Miliar Euro

google
Ilustrasi | Foto: sky news
Mari berbagi

JoSS, AMERIKA SERIKAT – Lembaga antitrust Uni Eropa menjatuhkan denda kepada induk usaha Google, Alphabet Inc. sebesar 1,49 miliar euro atau sebesar US$1,7 miliar terkait dengan layanan iklan AdSense milik Google.

Kantor berita Bloomberg, Rabu (20/3) melaporkan denda tersebut merupakan sanksi ketiga dan terakhir yang dikenakan oleh Margrethe Vestager, kepala lembaga antitrust Uni Eropa, sehingga total denda yang menumpuk untuk raksasa teknologi Amerika Serikat tersebut mencapai mencapai 8,2 miliar euro.

Alphabet berupaya untuk menghindari sanksi tambahan yang terkait dengan dua kasus sebelumnya dan berusaha menghentikan kemungkinan penyelidikan baru terhadap layanan pencarian mereka.

Kasus yang diangkat pada Rabu (20/3), berfokus pada peran Google sebagai broker iklan untuk situs web, dimana mereka menjalankan perjanjian eksklusivitas untuk iklan online dengan produk AdSense dan mencegah iklan pesaing tampil di halaman yang sama.

Layanan itu menempatkan iklan teks di situs web, termasuk pada situs ritel, operator telekomunikasi, dan surat kabar. Semua kontrak yang bermasalah dibatalkan pada tahun 2016, ketika Uni Eropa meningkatkan status penyelidikan.

AdSense menyumbang kurang dari 20% dari total pendapatan iklan Google pada tahun 2015, persentase yang terus menurun sejak 2010.

Baca juga: Buang Sampah di Jalan, Warga Kudus Didenda Rp200.000

“Google telah memperkuat dominasinya dalam iklan pencarian online dan melindungi dirinya dari tekanan persaingan dengan memberlakukan pembatasan kontrak anti-kompetitif pada situs web pihak ketiga,” kata Vestager dalam pernyataan yang dikirim melalui email, Rabu (20/3).

Vestager menyatakan berdasarkan aturan antimonopoli Uni Eropa, apa yang dilakukan Google ini adalah tindakan illegal.

Pendapatan iklan yang memicu keuntungan untuk Google dan Facebook Inc. semakin diawasi ileh lembaga antitrust, sering kali didorong oleh keluhan dari perusahaan media karena pengeluaran iklan bergeser ke web.

Otoritas kompetisi Prancis telah menandai skala bisnis iklan Google sebagai masalah potensial. Jerman memulai penyelidikan pada bulan Februari dan regulator Belanda telah mengawasi bagaimana perusahaan media menghasilkan pendapatan iklan.

Inggris baru-baru ini mengisyaratkan akan memulai penyelidikan sendiri.

Komisi Eropa, pada Juli lalu, telah mengenakan denda terhadap Google sebesar 4,3 miliar euro dan menuntut agar perusahaan mengubah penempatan aplikasi pencarian dan browser web ke perangkat mobile Android.

Setahun sebelumnya, Google menerima penalti 2,4 miliar euro setelah regulator menuduh mereka mengacaukan hasil pencarian yang menghalangi situs belanja online dalam skala kecil agar muncul pada kolom pencarian.

Google telah mengecam tentang penyelidikan Uni Eropa dan mengklaim bahwa bukti yang dimiliki otoritas tidak cukup untuk memberatkan perusahaan asal California itu.

Salah satu pengacara terkemuka yang mewakili Google mengatakan melalui unggah di blog pada 2016 bahwa kasus AdSense diangkat dari beberapa keluhan untuk membela klaim yang lebih besar. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*