COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

125.396

127.083

2%

Kasus Baru

1.893

1.687

-11%

Update: 10 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Umbul Sigedang, Bekas Tempat Permandiannya Putri Kerajaan

Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, KLATEN – Objek wisata permandian di Jawa Tengah memang cukup banyak. Sementara di Kabupaten Klaten, ada objek wisata yang konon pernah menjadi tempat permandian putri kerajaan. Objek wisata tersebut adalah Umbul Sigedang atau juga disebut Umbul Kapilaler.

Nama Umbul Sigedang terkesan kurang populer dibanding permandian lainnya. Terletak di Dukuh Umbulsari Desa Umbulsari, Ponggok, Polanharjo, Klaten, meski kurang begitu dikenal, namun objek wisata ini cukup ramai dikunjungi.

Ukuran Umbul Sigedang memang tidak terlalu besar. Namun, kolam mata air ini mampu menarik perhatian pengunjung.Kini, Umbul Sigedang kian populer karena kejernihan air dan pemandangan yang sangat indah.

Keindahan pemandangan di Umbul Sigedang terlihat jelas dalam foto milik akun Instagram @aankhosihan yang dibagikan ulang @agendasolo, Minggu (17/3). Foto tersebut memperlihatkan kejernihan air di Umbul Sigedang. Pantulan air yang terkena sinar matahari berwarna kehijauan.

“Ada yang punya teman kalau diajak berenang bilangnya, eh coba berdiri dulu dong seberapa dalamnya? Haha, tenang, Umbul Sigedang ini aman buat pemula. Kamu bisa merasakan mandi di ribuan galon air Aqua. Karena memang dari sini sumber air mineral Aqua itu,” tulis @agendasolo sebagai keterangan foto.

Tiket masuk Umbul Sigedang, Klaten, tidak terlalu mahal. Dengan harga tiket di bawah Rp10.000, pengunjung bisa berendam sepuasnya di kolam air dingin yang masih alami itu. Objek wisata tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas, mulai dari tempat makan, kamar mandi, musala, dan area parkir.

Untuk menuju lokasi wisata ini membutuhkan waktu tempuh sekitar 25 menit dari pusat kota dengan jarak 10 kilometer. Sepanjang perjalanan, akan disajikan rute dengan hamparan sawah yang luas dan pemandangan Gunung Merapi.

Baca jugaSukoharjo Dijadikan Destinasi Wisata Jamu Tradisional

Seperti Umbul Pongok, Sigedang juga memiliki pengunjung yang cukup banyak. Apalagi ketika hari libur panjang datang. Saat memasuki tempat wisata ini, dapat menikmati keindahan alam yang memanjakan mata.

Bisa bersantai di bawah pohon atau berenang ria. Umbul ini memiliki air yang jernih dan juga menyegarkan.

Fasilitas di lokasi juga lengkap. Ada toilet bersih yang bisa dijadikan ruangan ganti baju. Di sudut lain terdapat warung yang menyediakan aneka menu yang menggugah selera. Selain itu, umbul di Klaten ini memiliki tempat persewaan untuk bermain air, seperti baju renang dan pelampung.

Objek wisata ini buka sejak jam 7 hingga pukul 5 sore. Alasannya tidak lain karena masih sepi pengunjung. (nug/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*