Selama Dua Malam, Warga Ponorogo Berasa di Medan Pertempuran

dimedan pertempuran
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, PONOROGO – Selama dua malam, Desa Suren, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo, merasakan suasana seperti dimedan pertempuran. Bagaimana tidak, kawasan mereka dihujani ‘bom’.

Namun bukan bom sungguhan dari teroris atau pesawat asing. Melainkan penerbang tempur Lanud Iswahjudi yang berlatih menembak air to ground pada malam hari di Air Weapon Range (AWR), Rabu-Kamis (27-28/3).

Menurut Komandan Lanud Iswahjudi,  Marsekal Pertama TNI Widyargo Ikoputra, penerbang tempur yang mengikuti kegiatan latihan ini dari Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 15. Latihan menggunakan pesawat F-16 Fighting Falcon dan T-50i Goden Eagle dengan bom BL 25.

“Latihan penembakan air to ground ini dilaksanakan di AWR Pulung Ponorogo. Latihan pertempuran ini memang dilakukan pada malam hari pada Rabu dan Kamis,” kata Widyargo, sesuai yang dilansir dari MadiunPos, Kamis (28/3).

Untuk take off dan landing mengambil lokasi di Lanud Adi Soemarmo Solo. Pada hari pertama, pesawat F-16 melaksanakan pengeboman sebanyak enam sorties dan me-release 36 bom, sedangkan pesawat T-50i berhasil me-release 24 hanya dengan empatsorties.

Baca juga: Ngeluh Harga Makanan di Rest Area, Caleg Ini Jadi Gunjingan

Menurut Danlanud, latihan pengeboman pada malam hari ini merupakan exercise yang harus dilalui seorang penerbang tempur. Hal ini menjadi pencapaian profesionalitas sebagai seorang penerbang tempur.

“Setiap penerbang tempur harus dapat mencapai hal itu. Ini berguna dalam menghadapi situasi yang sulit yang tidak diharapkan,” jelasnya.

Latihan pengeboman ini diklaim tidak mengganggu masyarakat karena kegiatan ini dilakukan di daerah khusus latihan militer di Ponorogo. Skenario dalam latihan ini, pesawat mengebom dan menembaki target yang dipasang di bawah.

Ada pun penerbang yang terlibat dalam latihan pengeboman malam hari Mayor Pnb Dharma S. Gultom bersama Kapten Pnb Yerik menggunakan pesawat T-50i dengan nomor TT-5001, Lettu Pnb Stefanus (TT-5010), Mayor Pnb Yudisthira bersama Kapten Pnb Yerik TT-5004, dan Kapten Pnb Kustaman menggunakan pesawat nomor TT-5010.

Sementara dari Skadron Udara 3 yaitu Mayor Pnb Bambang Aulia Yudistira dua sortiesmenggunakan pesawat F-16 dengan nomor TS-1637 Lettu Pnb Fulgentius Dio Prakoso TS-1642, Kapten Pnb Windi dua sorties TS-1639, dan Kapten Pnb Ferry Rachman TS-1637. (nug/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*