Puluhan Pelajar Tingkat SMP Ini Sudah Canggih Bikin Robot

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG — Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang menggelar Robovaganza Competition (Robocop) 2019. Ajang ini mempertandingkan robot line follower, baik jenis analog mau pun digital.

Menurut Ketua Panitia Robovaganza 2019, Sulaiman, kontes robot line followermerupakan agenda rutin tahunan yang digelar kampusnya. Tahun ini, ajang tersebut diikuti 27 tim yang terdiri dari para pelajar, mahasiwa, dan umum.

“Satu tim berisi dua sampai tiga orang. Ada yang datang dari Jogja, bahkan Jakarta. Mereka bertanding dalam tiga kategori, yakni analog pelajar, digital pelajar, dan analog umum,” kata Sulaiman, seperti yang dilansir dari semarang.solopos.com, Jumat (29/3).

Dia menambahkan ajang Robovaganza digelar untuk memperkenalkan teknologi robot kepada masyarakat, khususnya kalangan pelajar. Antusiasme yang ditunjukkan peserta pun dari tahun ke tahun meningkat.

“Yang spesial di tahun ini, kami tidak hanya menggelar lomba tapi juga workshop seputar robotika. Harapannya, peserta bisa memperoleh wawasan terkait robotika, bukan hanya robot line follower tapi jugadrone dan lainnya,” imbuh Sulaiman.

Di antara peserta Robovaganza 2019, ada peserta dari SMPN 18 kota Semarang yang mengeluh lantaran robotnya seperti mengalami kerusakan. Peserta tersebut adalah Andika HS, siswa kelas VIII SMPN 18 Semarang.

“Enggak tahu ini, jalannya kurang benar,” ujar Andika.

Baca jugaSiswa MAN 1 Solo Bikin Robot Pendeteksi Korban Bencana

Mainan yang tengah diutak-atik Andika itu tak lain robot line follower. Bentuk robot line follower yang berupa komponen elektronik beroda membuat orang awam kerap menggira mainan mobil-mobilan.

Andika mengaku untuk merakit satu unitrobot line follower tidaklah mudah. Ia membutuhkan waktu setidaknya dua bulan dan menghabiskan dana sekitar Rp 400.000,- untuk membuat satu unit robot line followerdengan sistem analog.

“Pas gitu, saat dilombakan settingan-nya belum tentu benar. Jalannya enggak pas. Tapi, mau bagaimana lagi, saya terlanjur suka,” ujar Andika.

Andika mengaku sudah sejak dua tahun terakhir menekuni robot line follower.Selama dua tahun itu, berbagai ajang pernah diikuti baik yang ada di Kota Semarang mau pun luar kota, seperti Jakarta.

“Awalnya dulu dikenalkan guru melalui ekstrakulikuler. Setelah itu, senang sampai sekarang. Ini juga bertanding mewakili sekolah. Ada delapan anak dari sekolahan saya yang ikut ajang ini,” imbuh Andika.

Andika merupakan salah satu dari puluhan pelajar yang turut serta dalam ajang Robovaganza Competition (Robocop) 2019 yang digelar Unika Soegijapranata. Ajang ini mempertandingan robot line follower, baik jenis analog mau pun digital. (nug/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*