Pelari Asing Ikuti Volcano Run 2019

Volcano Run 2019
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, SLEMAN – Ribuan pelari yang berasal dari dalam dan luar negeri mengikuti Volcano Run 2019 dengan star dan finish di objek wisata wisata Museum Gunung Merapi, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Minggu (10/3).

Bupati Sleman Sri Purnomo yang juga ikut lari hingga finish mengaku senang acara ini bisa sukses. Menurut dia kegiatan ini bukan hanya sekedar olahraga, namun lebih dari itu juga mengajak dan mengenalkan pesona alam, khususnya yang ada di sekitar lereng Merapi, kepada para pelari.

Termasuk menikmati sensasi berlari dengan pemandangan Gunung Merapi yang dekat.”Event ini merupakan gabungan olahraga dan wisata,” kata Sri Purnomo, seperti dikutip dari Sindonews.com.

Sri Purnono mengharapkan para pelari setelah mengikuti kegiatan ini mau menceritakan apa yang mereka lihat di sekitar lereng Merapi kepada keluarga, teman-teman dan komunitasnya sehingga mereka tertarik untuk datang ke tempat ini.

dia menambahkan jadi secara tidak langsung kegiatan tersebut juga mempromosikan objek wisata di Sleman. “Saya berharap event ini dapat rutin dilaksanakan dan mendatangkan peserta lebih banyak lagi, agar semakin banyak masyarakat yang tau keindahan alam di wilayah ini,” harapnya.

Baca juga: Hutan Belukar di Sleman Jadi Objek Wisata Tepi Kali

Volcano Run melombakan tiga kategori, yaitu 5 kilometer (5K-family fun run), 10 kilometer (10K-race) dan 21 kilometer (21K -half marathon). Sri Purnomo mengikuti kategori 5 Km dan berhasil finish dengan catatan waktu 41 menit.

Even ini berskala internasional karena tak hanya diikuti oleh pelari dari seluruh penjuru Tanah Air, namun juga diikuti oleh pelari dari luar negeri, seperti dari Kanada, Thailand, Singapura dan Malaysia.

“Apalagi even ini juga berskala internasional. Di mana dari 2500 peserta di antaranya berasal dari luar negeri seperti Kanada, Thailand, Singapura dan Malaysia,” paparnya.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman Sudarningsih mengatakan, selain untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Sleman, event tersebut juga untuk mendukung program Sport Tourism Destination. Karena itu akan memasukannya menjadi kalender rutin, termasuk jika dilaksanakan lima tahun berturut-turut berharap bisa masuk kategori 100 event internasional Kemenpar.

“Selain untuk meningkatkan kunjungan wisata, even ini diharapkan bisa digelar rutin dan masuk dalam calender even internasional Kementerian Pariwisata,” tuturnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*