Pagar Bandara JB Soedirman Mulai Dikerjakan

Bandara
Ilustrasi | Foto: kompas
Mari berbagi

JoSS, PURBALINGGA – Direktur Utama AP II, Muhammad Awaludin mengatakan, pihaknya akan segera menyelesaikan pembangunan office dan pagar di kawasan Bandara Jenderal Besar Soedirman di Desa Wirasaba Kecamatan Bukateja, Purbalingga.

“Hari ini kami koordinasi dengan Danlanud dan Plt Bupati bahwa area DLKr (Daerah Lingkungan Kerja) seluas 60 hektare sudah bisa mulai kami kerjakan,” katanya, Sabtu (23/3) seperti dirilis Tribunjateng.com.

M Awaludin mengatakan, ada dua area besar yang akan dilakukan persiapan pembangunan fisik yakni sisi udara yang meliputi pembangunan Runway sepanjang 1600 x 30 meter, Apron dan Taxiway.

Pembangunan selanjutnya meliputi area gedung terminal dan sarana penunjang lainnya seluas 3.600 meter yang mampu menampung pergerakan penumpang hingga 500 ribu penumpang dalam setahun.

“Jadi dua pekerjaan inilah yang kami prioritaskan persiapannya. Sehingga kami juga berharap pihak terkait dapat melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Karena saat ini yang akan kami kerjakan masih terdapat lahan yang digarap oleh masyarakat,” katanya.

Saat ini, lanjut Awaludin, lelang pekerjaan fisik bandara sedang dalam proses setelah ditandatanganinya surat perintah dimulainya lelang. Proses lelang akan selesai dalam kurun waktu 40 sampai 50 hari kedepan.

Baca juga: Warga Sekitar NYIA Dapat Prioritas Diterima Kerja Di Bandara

“Sehingga kita berharap paralel dengan pekerjaan penyiapan lahan, proses tender konstruksi dan kerja kordinasi dengan seluruh stakeholder dapat berjalan secara bersama. Itulah konsep percepatan yang kita lakukan,” jelasnya.

Dia pun memastikan pekerjaan pembangunan Bandara JB Soedirman di Purbalingga tidak ada kendala yang berarti. Untuk dua pekerjaan besar yang akan dilaksanakan, pihaknya telah menyiapkan alokasi anggaran BUMN PT. Angkasa Pura II sebesar Rp 500 Miliar.

Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi berharap pelaksanaan pembangunan Bandara JB Soedirman dapat terealisasi sesuai jadwal yang ditetapkan.

Pasalnya masyarakat Purbalingga sudah berharap bandara kebanggaan Purbalingga ini segera beroperasi. Pemkab Purbalingga bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga mendukung pembangunan bandara di antaranya melalui pengadaan fasilitas pendukung keberadaan Bandara JB Soedirman.

“Pemkab juga terus mendorong agar keberadaan bandara mampu menjadi trigger bagi perekonomian lokal seperti pengembangan UMKM dan Pariwisata. Termasuk menjadi daya tarik investor untuk menanamkan modalnya di Purbalingga,” kata Tiwi. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*