Ngopi Van Java Kenalkan Kopi Produksi Solo dan Sekitarnya

Mari berbagi

JoSS, SOLO – Upaya untuk mengenalkan kopi Jawa Tengah dilakukan Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah dengan menggelar ekspo di halaman kantor RRI Solo. Ekspo berlangsung sabtu-minggu (16-17/3). Kegiatan bertajuk Ngopi Van Java ini jadi ajang mengenalkan kopi yang diproduksi di Solo dan sekitarnya.

Berbicara tentang produksi kopi di Jateng, produksi kopi di Jawa Tengah cukup besar yakni mencapai 1.890,16 ton kopi Arabika dan 14.920,82 ton kopi Rabusta pada 2016. Meski bukan yang utama, kopi asal Soloraya bisa dijumpai di sejumlah kabupaten seperti Boyolali, Klaten, dan Wonogiri. Produksi kopi juga ada di Karanganyar sebanyak 1,23 ton (Arabika) dan 2,17 ton (Robusta).

Di Sragen hanya ada produksi 4,90 ton kopi Robusta. Sedangkan di Solo dan Sukoharjo tidak ada budi daya kopi.

Anggota panitia Ngopi Van Java, Anggoro, saat ditemui wartawan di Halaman Kantor RRI, Minggu, mengatakan kemunculan kedai kopi di Solo sudah terjadi sekitar lima tahun lalu. Seiring tren ngopi ini, budi daya kopi pun berkembang di Soloraya.

“Tapi belum banyak. Baru dalam dua tahun terakhir ini mulai marak. Mungkin hampir 100 kedai kopi ada, baik skala kecil mau pun skala hotel, dan mereka menjual kopi single origin nusantara,” kata Anggoro, seperti yang dilansir di solopos.com.

Untuk kopi di Jateng, dia menyebutkan kopi lokal Jateng sekarang sedang berkembang dengan sangat baik.

“Dulu orang hanya kenal kopi dari daerah Temanggung. Sekarang single origin ada banyak. Ada dari Wonogiri, Kendal, Pemalang, Batang, Purworejo, Magelang, bahkan Boyolali mulai ada pembudidayaan,” ujar dia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng produksi kopi di Wonogiri mencapai 37,7 ton (Arabika) dan 31 ton (Robusta) pada 2015. Sedangkan produksi kopi di Boyolali dan Klaten masing-masing 80,11 ton (Arabika) dan 160,75 ton (Robusta) serta 107,94 ton (Arabika) dan 4,49 ton (Robusta) pada 2015.

Menurut Anggoro, meski pun kualitas kopi Jateng belum menjadi primadona single origin di Indonesia. Tapi untuk jenis Robusta, kopi Jateng cukup menjadi favorit pencinta kopi.

Akan tetapi, seperti yang disampaikan Anggoro di atas, bahwa saat ini single origin ada banyak. Seperti dari dari Wonogiri, Kendal, Pemalang, Batang, Purworejo, Magelang, bahkan Boyolali mulai ada pembudidayaan.

Sebenarnya di Soloraya, di kalangan Keraton Mangkunegaran telah merintis budidaya kopi sejak abad 19.

Hal ini disampaikan sejarahwan, Heri Priyatmoko, yang sempat meriset sejarah pakopen (perkebunan kopi di lingkungan desa) menuturkan persebaran kahwa Soloraya berutang nama pada Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IV (1853-1881).

Baca juga: Kopi Biji Salak Ini Bikinan Wonosobo

Raja waktu itu merintis budi daya kopi jenis arabika (dikenal juga sebagai kopi Jawa) dan liberika.

“Jejak kejayaan Mangkunegaran kerap kali cuma dikaitkan dengan gula. Padahal era Mangkunegara IV, kopi jadi komoditas kedua sebagai penyumbang pundi-pundi kerajaan,” ujar Heri, yang dilansir dari solopos.com.

Penanaman kopi di Mangkunegaran mulanya dirintis sejak 1814 di wilayah Gondosini di daerah Bulukerto, Wonogiri. Usaha tersebut dimulai selepas pemerintah kolonial memberikan lampu hijau hasil kopi istana setempat bisa dikembalikan kepada Belanda untuk membayar utang tersebut.

Dari kebijakan tersebut, Pangeran Arya Gandakusuma yang kala itu masih menjabat patih, terbuka matanya bahwa pembudidayaan kopi yang serius bisa mendatangkan manfaat ekonomi yang besar bagi kerajaan.

Begitu naik tahta, raja bergelar KGPAA Mangkunegara IV itu memperluas penanaman kopi ke wilayah Hanggabayan, Keduwang, dan Karangpandan.

Dekade pertama perluasan penanaman kopi membuahkan hasil signifikan. Pada 1842, tercatat produktivitasnya mencapai 1.208 kuintal lantas meningkat drastis menjadi 11.1145 kuintal pada 1857.

“Hasil yang meningkat itu dianggap belum memuaskan oleh raja pada masa itu karena persentasenya baru lima persen dari keseluruhan produksi kopi Surakarta. Raja lantas menelurkan kebijakan yang menjadi tonggak sejarah,” tandasnya.

Bukan cuma Mangkunegaran yang berbudaya kopi. Tetapi juga masyarakat di lereng Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar. Mereka terbiasa meminum kopi hasil dari budidayanya sendiri.

Sayangnya, seiring dengan maraknya kopi instant kemasan sachet, membuat kebiasaan minum kopi hasil dari kebun sendiri berangsur terpinggirkan.

Tak heran jika event Ngopi Van Java menjadi ajang untuk mengenalkan potensi kopi Jawa Tengah, khususnya Solo dan sekitarnya. (nug/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*