fbpx Press "Enter" to skip to content

Mirip di Vietnam, Rumah Di Solo Ini Bagian Depan Hanya Selebar 1 Meter

Senin, 25 Maret 2019
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Tidak selalu ukuran rumah itu luas. Apalagi ketika jumlah penduduk semakin bertambah, maka luas tanah yang digunakan untuk membangun rumah pun tidak seperti yang diharapkan.

Selain itu, samping kiri dan kanan rumah biasanya penuh sesak dengan bangunan lain. Hingga antar bangunan tak ada jarak.

Di Solo, tepatnya di Jalan Kahuripan Barat I No 33 Rt 02 Rw 15 Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo terdapat rumah dengan ukuran luas sangat kecil. Melansir dari akun YouTube Official iNews, tampak ada rumah di daerah Solo memiliki penampilan depan hanya selebar 1,3 meter.

Rumah tersebut menghadap ke utara terhimpit dua bangunan lainnya. Di sisi baratnya adalah rumah tetangga, sedangkan sisi timurnya adalah PAUD Nur’ainiyah.

Sebagian warganet menyebutnya mirip dengan rumah unik yang ada di Vietnam. Memang saat melintas, rumah tersebut langsung menarik perhatian. Warganet sampai mempertanyakan ruang-ruang di dalam rumah itu, seperti toilet hingga tempat tidur.

Dalam tayangan itu, tampak dari depan memamg rumah tersebut sangatlah kecil dengan dua bangunan yang menghimpitnya.

Namun, setelah masuk ke bagian dalam, ternyata ruang tamunya tampak cukup luas. Bagian belakang PAUD, ternyata adalah bagian dari rumah yang tampak depan terlihat sempit itu.

Satu hal yang membedakan rumah unik di Vietnam adalah, rumah di Vietnam sampai bagian belakang pun lebarnya tetap satu meter. Sedangkan rumah di Solo ini hanya bagian depan saja yang lebarnya satu meter.

Ternyata lebar rumah 1 meter itu hanya ukuran bagian depan rumah itu saja. Terkuaklah, fakta bahwa rumah itu memiliki luas 55 meter persegi, panjang 14 meter, lebar 8 meter dengan tiga kamar tidur, satu kamar mandi dan ruangan lainnya. Dalam sertifikat, luas bangunannya terhitung 55 meter persegi.

Tidak hanya satu lantai, rumah dengan bagian depan selebar 1 meter itu memiliki dua lantai.

Baca juga: Perbaiki Jaringan di Rumah, Warga Laweyan Tewas Kesetrum

Sang pemilik bernama Joko Priyanto mengaku bahwa ketika ia membeli rumah itu di tahun 2001, di bagian depan sudah memiliki lebar hanya 1 meter dengan satu lantai. Lambat laun, ia dan keluarganya berinisiatif untuk membangun kembali rumah mereka menjadi dua lantai.

Beginilah tampilan rumah dengan ukuran depan selebar 1 meter itu. Terdiri dari

1. Garasi dan lorong depan hanya 1 meter. Bagian depan rumah dengan lebar 1 meter. Bagian depan rumah ini memang hanya selebar 1,3 meter dengan fungsi sebagai garasi motor dan lorong masuk ke bagian dalam rumah.

2. Untuk ruang tamu berada di lantai pertama rumah dengan lebar bagian depan 1 meter. Setelah memasuki rumah tersebut, ruang tamunya tampak cukup luas dengan beberapa sofa. Di samping ruangan tamu terdapat tangga menuju ke lantai dua rumah itu.

Selain ruang tamu, di lantai pertama juga terdapat dapur dan kamar mandi.

3. Pada lantai 2. Lantai dua rumah dengan lebar bagian depan 1 meter. Bahkan juga terdapat ruang terbuka. (nug/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id