fbpx Press "Enter" to skip to content

Minum Kopi Mentega Jadi Tren Baru, Ternyata Begini Efeknya

Senin, 25 Maret 2019
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Belakangan, menambahkan mentega ke dalam secangkir kopi semakin menjadi tren di kalangan penggemar kopi.

Dengan mencampurkan dua sendok makan mentega dan sedikit minyak, pecinta kopi menganggap sudah mendapatkan apa yang disebut “kopi antipeluru”. Campuran itu dianggap mampu meningkatkan energi dan membantu penurunan berat badan.

Tetapi, apakah tren itu sebenarnya baik atau buruk? Menurut ahli diet Patricia Skolnik, pertama, terlalu banyak menambahkan gula, misalnya, sudah jelas tidak baik. Semakin banyak tambahan gula maka bisa berdampak signifikan pada risiko seseorang terkena penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular.

“Jadi menggunakan gula dan krimer mungkin tidak selalu menjadi alternatif yang lebih sehat. Lihat dari jumlah dan apa yang kita masukkan ke dalam kopi kita,” kata Patricia Skolnik, dirilis Republika.com.

Sedangkan untuk tren mencampur kopi dengan mentega, Skolnik menjelaskan, kebiasaan itu menjadi lebih populer terutama bagi orang-orang yang mengikuti diet tinggi lemak dan rendah karbohidrat untuk menurunkan berat badan, seperti diet ketogenik.

Skolnik meragukan campuran itu baik. Akan tetapi, ia menjelaskan, minuman kopi bermentega memungkinkan orang untuk memenuhi persyaratan harian dari diet ketogenik.

Mentega adalah lemak murni dan tidak mengandung karbohidrat dan protein. Menurutnya, mentega memang bisa dikonsumsi bagi orang yang mencoba mengikuti diet sangat tinggi lemak.

Di lain sisi, hal itu memiliki beberapa risiko kesehatan. Mentega adalah sumber lemak jenuh sehingga orang yang memiliki penyakit jantung atau risiko penyakit kardiovaskular sebaiknya berhati-hati dalam menambahkan mentega ke kopinya.

Terlalu banyak lemak jenuh bisa memperburuk atau memberikan risiko penyakit jantung. Skolnik mengatakan ia belum mencoba campuran itu dan tidak bisa membayangkan kalau rasanya akan terlalu enak.

Baca jugaNgopi Van Java Kenalkan Kopi Produksi Solo dan Sekitarnya

Dikutip dari dailymail, minum kopi dengan mentega meningkatkan stamina ini dimulai oleh pengusaha Dave Asprey yang berpendapat bahwa diet rendah karbohidrat bisa membantu menurunkan berat badan.

Padahal para ahli mengatakan bahwa jika kurang karbohidrat malah bisa membuat otot kram dan sakit kepala.

Dave Asprey mengatakan bahwa kopi yang dipakai sebaiknya kopi organik dengan mentega yang tidak asin. Hasilnya adalah kopi yang kental dan seperti krim dengan rasa seperti kelapa.

Minuman ini sedang tren di kalangan pelaku fitnes yang merasakan staminanya naik setelah minum kopi dengan mentega.

Lalu untuk mereka yang hendak menurunkan berat badan juga merasa bahwa minum kopi dengan mentega meningkatkan stamina serta membantu dalam menurunkan berat badan. (Wiek/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id