Kepala Kesbangpol: Soal Dana Apel Kebangsaan Saya Siap Diperiksa

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jawa Tengah (Jateng), Achmad Rifai, menyatakan sikap jika seandainya diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terkait Apel Kebangsaan Kita Merah Putih yang berlangsung minggu (17/3).

“Kami siap-siap saja. Niat awal kami kan memang transparan, jujur, dan kredibel. Kenapa harus takut. Saya takut hanya sama Gusti Allah. Serupiah pun akan kita pertanggungjawabkan,” ujar Rofai,seeprti dikutip dari Solopos.com, Rabu (20/3).

Bahkan sejumlah Advokat yang tergabung dalam Advokat Bela Keadilan (Abeka) siap melaporkan penyelenggaraan acara itu kepada KPK dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Sekretaris Abeka Jateng, Listyani, mengaku sudah mengumpulkan data yang hendak dilampirkan dalam pengaduan ke KPK dan Bawaslu terkait acara yang kabarnya menghabiskan dana APBD Jateng hingga Rp18 miliar itu.

Acara tersebut dengan penyelenggara Pemerintah Provinsi Jateng melalui Kesbangpol telah mendapat sorotan dari berbagai pihak. Sebab menelan biaya APBD sebanyak Rp 18 miliar.

Rofai mengatakan, dana Rp 18 miliar untuk menggelar acara apel kebangsaan cukup sebanding. Apalagi tujuan dari digelarnya acara itu sangat bermanfaat, yakni untuk merawat kerukunan umat dan menjaga nilai-nilai kebangsaan masyarakat.

“Jika ada yang memuji, mencela, apalagi berkomentar miring, saya rasa wajar. Tapi, selama ini kita transparan dan tidak punya niat jelek. Nilai kebangsaan itu memang harganya sangat tinggi. Sekarang Jateng sudah kondusif, tapi bukan berarti tidak perlu dirawat. Justru harus dirawat dan kita padukan agar jangan sampai tercerai berai,” imbuhnya.

Baca jugaBerbiaya Mahal Warga Berharap Pemprov Tak Sering Gelar Apel Kebangsaan

Dia mencontohkan kasus yang terjadi di New Zealand (Selandia Baru). Menurutnya dalam beberapa tahun terakhir, Selandia Baru terkenal sebagai negara yang kondusif dan selalu menjaga perdamaian.

Tapi, anggapan itu berubah drastis menyusul tragedi penembakan umat muslim di masjid di wilayah Chirstchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3) lalu.

“Apel kebangsaan kemarin kita gelar untuk merapatkan barisan dan menyatukan komponen bangsa. Supaya tidak terjadi kesalahpahaman dan fitnah. Apalagi dinamika politik kita saat ini tengah tinggi,” imbuh Rofai.

Acara ‘Apel Kebangsaan Kita Merah Putih’ yang digelar di Kota Semarang, Minggu (17/3/2019), berlangsung cukup meriah. Acara itu digelar dalam empat panggung dengan menghadirkan sederet artis, mulai dari Slank, Letto, Armada, Virza, hingga Nella Kharisma.

Selain artis, acara itu juga diisi orasi dari para ulama maupun tokoh lintas agama, seperti KH Maimoen Zubair, Habib Luthfi, KH Ahmad Muwafiq, Mahfud MD., dan Uskup Agung Semarang, Mg Dr Robertus Rubiyatmoko.

Sementara itu, Ketua Abeka Jateng Budi Kiyatno mengaku saat ini pihaknya masih melakukan investigasi sejumlah kasus untuk melengkapi laporan kepada lembaga antirasuah itu. Ia berjanji proses pemberkasan laporan itu akan selesai secepat mungkin.

“Pelaporan paling tidak dalam pekan ini,” ujar Budi. (nug/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*