Gelombang Capai 4 Meter, Nelayan Cilacap Tidak Melaut

Mari berbagi

JoSS, CILACAP – Akibat cuaca buruk, belakangan nelayan di daerah Cilacap terganggu aktivitasnya. Cuaca buruk yang melanda wilayah perairan selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta berdampak terhadap gelombang setinggi 4 meter sehingga nelayan berhenti melaut beberapa hari belakangan.

Ketua Kelompok Nelayan ‘Pandanarang’, Tarmuji mengatakan sudah beberapa hari ini nelayan libur karena tinggi gelombang di perairan selatan Jateng-DIY mencapai 4 meter. Selain itu, angin baratan yang bertiup di wilayah perairan selatan cukup kencang dan sering turun hujan.

Baca jugaBMKG Ingatkan di Perairan Ini Gelombang Tinggi Bisa Capai 4 Meter

“Sudah beberapa hari ini nelayan libur karena tinggi gelombang di perairan selatan Jateng-DIY mencapai 4 meter. Selain itu, angin baratan yang bertiup di wilayah perairan selatan cukup kencang dan sering turun hujan,” katanya di Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah, seperti dilansir dari Antara, Senin (25/3).

Kendati demikian, dia mengakui ada beberapa nelayan yang nekat melaut secara “jolokan” atau pergi pada pagi hari dan pulang menjelang siang sebelum terjadi gelombang tinggi.

Akan tetapi, kata dia, hasil tangkapan yang diperoleh nelayan tidak sebesar yang diharapkan, bahkan sering kali pulang tanpa membawa ikan.

“Mereka kadang hanya membawa pulang udang jerbung berkisar 1-2 kilogram, kalau sedang beruntung bisa dapat sebanyak 3 kilogram. Kalau ikan memang sedang enggak ada,” katanya.

Oleh karena hasil tangkapannya sangat sedikit, kata dia, udang-udang jerbung tersebut langsung dijual oleh nelayan kepada pedagang atau tengkulak sehingga aktivitas di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pandanarang pun menjadi sepi.

“Selama tidak melaut, nelayan menambatkan perahunya di daratan agar tidak terseret gelombang tinggi. Mereka juga mengisi waktu liburnya dengan memperbaiki jala yang rusak agar siap digunakan saat cuaca kembali bersahabat,” ujarnya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan berdasarkan pantauan citra satelit cuaca, gelombang tinggi masih berpeluang terjadi di perairan selatan Jateng-DIY.

“Oleh karena itu, kami kembali mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di perairan selatan Jateng-DIY yang berlaku hingga tanggal 28 Maret 2019. Hal itu disebabkan tinggi gelombang di perairan selatan Cilacap hingga Yogyakarta dan Samudra Hindia selatan Cilacap hingga Yogyakarta berpeluang mencapai kisaran 2,5-4 meter,” tuturnya. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*