Di Pasar Kuno Banyumas Rupiah Tak Laku

Pasar Kuna Lereng | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, BANYUMAS – Di jaman yang serba modern seperti sekarang ini Anda masih bisa merasakan sensasi berbelanja di pasar layaknya jaman kerajaan. Setidaknya hal ini terjadi di Grumbul Kedung Ngenge, Desa Petir RT 1 RW 4, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas

Jangan harap anda dapat membeli makanan dan minuman di sana dengan menggunakan uang rupiah. Sebab di Pasar Kuna Lereng hanya menerima transaksi pembayaran dengan menggunakan kepengan. Kepengan adalah kepingan bulat berdiameter 5 cm yang terbuat dari tempurung kelapa.

Jika akan membeli makanan tradisional maka tukarkanlah terlebih dahulu uang anda dengan menggunakan kepengen. Satu kepeng setara dengan Rp 2 ribu.

Pasar Kuna Lereng dihuni 30 pedagang yang menjual lebih dari 120 jenis makanan tradisional. Mulai dari jajanan pasar, minuman tradisional, dan makanan khas jaman kuna.

Ketika sampai di sana anda pasti akan dibuat bingung memilih makanan, minuman dan jajanan pasar yang disediakan. Ada banyak minuman tradisional diantaranya wedang cleblek ( kopi ), wedang jahe, wedang uwuh, dawet ayu, badeg (air nira), es cau (cincau), wedang bajigur dan masih banyak lagi.

Jajajan tradisionalnya juga unik dan beragam. Ada banyak jenis jajajan pasar diantaranya ciwel, cenil, inthil, candil, buntil, gebral, grontol, krawu, lopis, gethuk, oyek, klepon, kemplang, srabi, awug – awug, naga sari, ronda maya dan lain sebagainya.

Baca juga: Menikmati Kuliner Tradisional di Pasar Sawah

Bukan hanya menemui makanan ataupun minuman tradisional. Ketika berkunjung ke Pasar Kuna Lereng anda juga akan menjumpai pedagang kain batik tulis khas Banyumasan. Suasana layaknya pasar tempo dulu semakin terasa karena terdapat musik calung Banyumasan yang mengiringi.

Semua jajanan tradisional tersebut dibungkus menggunakan daun pisang. Sedangkan produk kerajinan seperti gantungan kunci dan aksesoris terbuat dari bambu dan tempurung.

Pedagang jajanan tradisional, Yati (58) mengaku sangat antusias bisa berjualan di Pasar Kuna Lereng, Sokaraja.

Pasar Kuna Lereng dikelola oleh 4 pegawai yang berpakaian lurik khas Jawa dan menggunakan blangkon.

Kesan tradisional dan jadul memang sangat terasa di pasar ini.

“Pasar Kuna Lereng adalah wujud wisata kuliner berbasis budaya di Banyumas. Kita memberdayakan warga sekitar baik pedagang maupun parkir semuanya adalah warga Desa Petir,” ujar Edi Gunawan selaku Pengelola Pasar Kuna Lereng.

Jika ingin berkunjung ke Pasar Kuna Lereng pastikan datang pada Minggu, pukul 06.00 WIB hingga 13.00 WIB. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*