COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

130.718

132.816

2%

Kasus Baru

1.942

2.098

8%

Update: 13 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Anak Bawah Umur Dijadikan Kurir Ganja

Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – IM (17), warga Pusponjolo Tengah, Semarang Barat diringkus aparat Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Remaja tanggung yang masuk kategori anak bawah umur ini kepergok jadi kurir narkotika jenis ganja.

Kepala BNN Provinsi Jateng Brigjen Pol Muhammad Nur mengungkapkan kasus tersebut terungkap bermula informasi dari BNN Provinsi Sumatera Utara tentang pengiriman paket ganja menuju Semarang, Senin (18/3).

“Ganja dari Aceh di kirim ke Semarang yang disamarkan dalam bentuk paket dan dikirim melalui pos, Kantor Pos Erlangga,” kata Nur kepada JoSS.co.id dalam jumpa pers di kantornya, Rabu (20/3).

Baca jugaTanam Ganja di Pot, Dua Warga Banyumas Dibekuk Polisi

Petugas BNN berkoordinasi dengan petugas kantor pos dan melakukan pengintaian. Sekitar pukul 10.00 WIB muncul IM (17) bersama BS (24), keduanya warga Pusponjolo Tengah, Semarang Barat. Mereka hendak mengambil paket ganja. Petugas pun meringkus keduanya tanpa perlawanan beserta ganja seberat 5 Kg.

“Dari keterangan BS dan IM, keduanya mengaku disuruh JFC (20), warga Pusponjolo Tengah dan dijanjikan sejumlah uang untuk upah,” ujar Nur tanpa merinci jumlah upah yang dijanjikan.

Petugas selanjutnya menangkap JFC di tempat kerjanya di Pusponjolo Wetan dan mengamankan barang bukti handphone.

Ternyata jaringan tersebut diketahui dikendalikan oleh Bambang Setioko Priyambodo (28), seorang narapidana Lapas Kedungpane yang tengah menjalani proses hukuman di kasus yang sama. Petugas BNNP selanjutnya berkoordinasi dengan pihak Kedungpane untuk mengamankan Bambang.

Ditambahkan, IM diketahui masih berstatus pelajar sekolah kejar paket C di Semarang.

“Untuk tersangka IM, karena masih anak bawah umur, proses penyidikan akan mengacu UU tentang Sistem Peradilan Pidana Anak,” katanya.

Sementara itu di hari yang sama, petugas BNN Provinsi Jateng juga mengamankan pengedar ganja yang juga berstatus warga binaan. Adalah Rangga Laksana (32), narapidana di LP Ambarawa.

Rangga diringkus setelah petugas menemukan paket ganja seberat 1,2 Kg yang dialamatkan ke penerima di Jalan Meliwis RT 01 RW 02, Semarang Barat. Paket tersebut ditujukan ke PWT, ibu Rangga.

“Hasil pemeriksaan, Rangga memberitahu ibunya untuk menerima paket tersebut tanpa menyebutkan isinya,” imbuh Kabid Pemberantasan BNN Jateng, AKBP Suprinarto. (Joy/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*