Agus Maladi Irianto, Guru Besar Undip Meninggal Dunia

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Salah satu guru besar Undip, Prof Dr Agus Maladi Irianto, dosen Fakultas Ilmu Budaya Universita Diponegoro telah meninggal dunia setelah sakit, Jumat (15/3) pukul 03.25 di RS Kariadi Pav Garuda.

Jenazah salah satu seniman pegiat teater di Semarang itu disemayamkan di Perum 369 View No.1 jalan Haji Hindrajid Mangunharjo Tembalang Semarang, sebelah kanan SMP 33).

Rencanya jenazah dimakamkan di Pemakaman Keluarga Besar Undip pada pukul 13.00 hari ini. Berdasarkan informasi di wikipedia, Prof Agus Maladi lahir di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, 4 Agustus 1962. Agus Maladi adalah seniman dan guru besar berkebangsaan Indonesia.

Namanya dikenal melalui karya-karyanya, baik dalam bentuk karya sastra yang dipublikasikan di sejumlah jurnal akademik dan surat kabar, maupun kiprahnya di bidang teater dan film.

Baca jugaMahasiswa Undip Ajari Kelola Website dan Keselamatan Kerja di Jepara

Di luar aktivitasnya sebagai penulis dan akademikus di Universitas Diponegoro, Agus Maladi juga dipercaya sebagai pembina Dewan Kesenian Semarang (Dekase), Forum Komunikasi Media Kesenian Jawa Tengah (FKMITRA), dan penangunggjawab Laboratorium Seni dan Kebudayaan Lengkong Cilik Semarang.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjananya pada Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Undip tahun 1981, dilanjutkan pascasarjana dan doktoral di bidang Antropologi Universitas Indonesia.

Sejumlah organisasi, karya ilmiah, maupun pengabdian masyaratkat telah diwujudkan ini, di antaranya sebagai pembina Dewan Kesenian Semarang (Dekase), Forum Komunikasi Media Kesenian Jawa Tengag (FKMITRA) dan penangunggjawab Laboratorium Seni dan Kebudayaan Lengkong Cilik.

Di kampusnya, Agus Maladi dipercaya menjabat sebagai Ketua Program Studi Ilmu Susastra.

Salah satu penelitiannya yang terkareditasi dan masuk pada jurnal nasional adalah Komoditas Budaya Di Era Ekonomi Global Terhadap Kearifan Tradisional Lokal: Studi Kasus Eksistensi Industri Pariwisata dan Kesenian Tradisional di Jawa Tengah, dimuat di jurnal Theilogia.

Selain itu, sejumlah kegiatan kesenian dan kepenulisan sastra juga pernah diembannya. Mulai menjadi sutradara pertunjukan teater Bila Malam Bertambah Malam tahun 2010 dan Menyutradarai film berjudul Ayah tahun 2016.

Di ranah pertunjukan teater, Agus Maladi dipercaya menulis beberapa skenario drama yang dipentaskan oleh Teater Lingkar, bersama Giwing Purba, Prie GS, dan Eko Tunas. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*