5 Makanan Indonesia Ini Dijual Mahal di Luar Negeri

makanan
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Beberapa makanan khas Indonesia menjadi idola di luar negeri, bahkan di negeri orang harganya bisa berpuluh kali lipat untuk tiap porsinya. Tak hanya di restoran kelas menengah, bahkan menu-menu ini juga menjadi menu andalan restoran mewah.

Pertama adalah rendang. Daging yang dimasak dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah asli Indonesia, membuat rendang menjadi makanan dengan cita rasa yang unik dan lezat. Selain itu rasa pedas dari masakan yang memerlukan waktu memasak cukup lama ini juga mempresentatifkan masakan Indonesia yang kaya akan rempah dan bercita rasa pedas.

Jadi tak salah jika makanan ini pun sangat tersohor di luar negeri dan berhasil menduduki peringkat pertama sebagai makanan terenak di dunia versi CNN, mengalahkan berbagai makanan lezat dari seluruh negara.  Di Jerman harga satu porsi rendang sekitar 10 euro atau sekitar Rp 160 ribu.

Kedua, tempe. Siapa yang tak kenal dengan tempe? Makanan yang kaya akan proterin ini ternyata menjadi primadona di luar negeri dan memiliki harga yang mahal. Di Jerman, tempe dihargai senilai 1,79 euro atau sekitar Rp 25 ribu per buah untuk ukuran bata kecil. Meski sangat mahal, ternyata tidak menyurutkan minat masyarakat Jerman dalam mengonsumsi tempe.

Baca juga: Pemkot Jogja Terjunkan ‘Siluman’ Pemantau Harga Makanan di Kawasan Malioboro

Ketiga, sate. Makanan yang terbuat dari potongan daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk, kemudian dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang ini ternyata juga populer dan menjadi primadona di luar negeri, lho. Di Jerman, 10 tusuk sate dibanderol dengan harga sekitar 10 Euro atau sekitar Rp 150 ribu yang sangat mahal dibanding di Indonesia yang hanya sekitar Rp 15 ribu per porsi.

Keepat, nasi goreng. Seperti diketahui mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama pun menyukai masakan yang bernama nasi goreng.

Di Indonesia harga satu porsi nasi goreng lengkap dengan suwiran ayam dan telur dihargai Rp 10 ribu hngga Rp 25 ribu. Namun di Amerika Serikat, harga satu porsi nasi goreng bisa mencapai 10 Dollar Amerika atau sekitar Rp 140 ribu.

Kelima, gado-gado. Makanan yang berbahan dasar sayuran dengan siraman bumbu kacang juga menjadi primadona di luar negeri lho. Jika di Indonesia kamu bisa menikmati gado-gado dnegan harga sekitar Rp 12 ribu, di Amerika Serikat satu porsi gado-gado dibanderol dengan harga sekitar 10 Dollar Amerika atau sekitar Rp 140 ribu. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*