#UninstallBukalapak Jadi Trending Topik, CEO Akhirnya Minta Maaf

CEO
Achmad Zaky | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Pendiri dan CEO layanan e-commerce Bukalapak Achmad Zaky meminta maaf kepada publik akibat cuitan di akun twitter pribadinya soal biaya R&D guna menghadapi Industri 4.0.  Cuitan itu dianggap nyinyir terhadap pemerintah dan mendukung salah satu paslon Pilpres 2019.

Tanda pagar (tagar) #uninstallbukalapak menjadi tren di Indonesia sejak 24 jam terakhir. Tagar ini awalnya digunakan untuk gerakan menghapus aplikasi Bukalapak. Zaky menuliskan cuitan terkait biaya riset dan pengembangan Indonesia tahun 2016 untuk menghadapi industri 4.0.

Dalam cuitannya itu, ia menuliskan ‘Omong kosong dengan dukungan pemerintah menghadapi industri 4.0.”  Indonesia berada pada peringkat ke-43 dengan biaya US$2 miliar atau sekitar  Rp2 triliun kalah dengan negara tetangga yaitu Malaysia yang menggelontorkan uang sebesar US$10 miliar atau Rp14 triliun.

Lalu, ia menuliskan “Mudah-mudahan presiden baru bisa naikin.”

Menanggapi viralnya cuitannya, Zaky Kamis (14/2) tersebut memberikan konfirmasi bahwa ia tidak bermaksud untuk memihak kalangan tertentu. Menurutnya, presiden baru ini bisa siapa saja yang memenangkan pemilu kelak.

Zaky mengatakan ia tak bermaksud untuk menyinggung calon presiden tertentu.

“Memohon maaf atas kekhilafan dan atas segala kesalahpahaman yang timbul dan dengan tegas menyatakan bahwa cuitan tersebut tidak bermaksud untuk mendukung atau tidak mendukung suatu calon tertentu,” kata Zaky melalui keterangan tertulisnya,  Jumat (15/2).

Baca jugaBukalapak Optimis Investor BukaReksa Capai 200 Ribu

“Saya sangat menyesali kekhilafan tindakan saya yang tidak bijaksana tersebut dan kiranya mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya,” sambungnya.

Selain itu, ia selaku pendiri Bukalapak berterima kasih kepada pemerintah atas dukungan yang diberikan kepada Bukalapak dan akan terus berkomitmen guna membangun Indonesia melalui teknologi.

Sebelumnya, cuitannya sontak itu mengundang reaksi netizen yang berbondong-bondong menyerang Zaky. Serangan khususnya datang dari para pendukung calon presiden nomor urut 01 yang menganggap cuitan Zaky tersebut menyinggung jagoannya.

Akibatnya, muncul tagar #UinstallBukalapak dan saat ini telah menjadi trending topik nomor dua di Twitter. Saat dipantau sekitar pukul 21:00 WIB tagar ini dicuitkan sekitar 1000 akun. Ketika berita ini diturunkan, dalam satu jam, cuitan ini bertambah tiga kali lipat menjadi 3170 cuitan.

Pendukung Jokowi lainnya, menyebut Zaky seperti anak yang lupa dengan bapaknya. Sebab, mereka menganggap selama ini Jokowi telah mendukung perkembangan industri digital. Sementara cuitan Zaky dianggap tidak tahu berterimakasih atas dukungan tersebut.

Namun, tidak semua netizen menggunakan tagar #uninstalbukalapak untuk menyerang aplikasi e-commerce itu. Beberapa menyayangkan populernya tagar ini. Sebab, menurut mereka tiap orang bebas menyatakan pendapatnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*