TKN: 7 Relawan Terluka Ledakan di Senayan

Petugas keamanan mengamankan lokasi ledakan di sekitaran Senayan Minggu (17/2) | Foto: bisnis indonesia
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Wakil Kepala Rumah Aspirasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Michael Umbas, menyebut ada 7 relawan yang menjadi korban ledakan petasan di area parkir timur dan stadion Aquatic, Senayan, Jakarta Pusat. Korban saat ini masih dalam perawatan.

Umbas mengatakan 2 orang dibawa ke RS Mintoharjo dan 5 orang dibawa ke RS Pelni, Petamburan, Jakarta Barat. Dia sudah menjenguk korban yang berada di RS Mintoharjo.

“Betul (ada korban), kebetulan setelah selesai acara kami sudah melakukan kroscek ke rumah sakit,” katanya, seeprti dikutp dari Detik.com Minggu (17/2) malam.

Umnbas mengatakan kondisi ketujuh korban berbeda-beda. Dia menyebut ada korban yang rusak gendang telinga karena mendengar ledakan dari jarak yang dekat. “Gendang telinga pecah yang satu, yang satu terkena serangan jantug karena ledakan,” ujar dia.

Keseruan nonton bareng (nobar) debat capres mendadak berubah jadi kepanikan di dekat area Parkir Timur (Parkit) Senayan. Ledakan membuat para penonton nobar kocar-kacir.

Sebelum ledakan terjadi, sejumlah orang memilih bersantai di taman pembatas jalan dekat Stadion Akuatik, yang berseberangan dengan Parkit Senayan. Sekitar 200 meter dari lokasi ledakan merupakan tempat pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin mengikuti nobar debat capres. Tiba-tiba ledakan terjadi. Suaranya cukup kuat hingga mengagetkan banyak orang.

Mereka kocar-kacir ke segala penjuru. Ada yang ke Stadion Akuatik, ada pula yang berlari ke arah JCC. Lokasi debat sendiri berada di Hotel Sultan, yang jaraknya sekitar 1 km dari Stadion Akuatik.

Sesaat setelah ledakan, tim Penjinak Bom langsung ke lokasi melakukan penyisiran. Petasan persis berada di dekat pohon taman pembatas jalan Stadion Senayan.

“Kita melakukan pengamanan TKP dan olah TKP dengan Jibom (Penjinak Bom). Hasil sementara yang kita temui berupa ledakan petasan, jadi mungkin siapa pelakunya kita lakukan lidik (penyelidikan),” ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono.

Polisi mengecek CCTV untuk mengetahui pelaku terkait ledakan petasan. “Dari hasil olah TKP dari Jibom petasan, petasannya di Labfor,” sambungnya.

Polisi memastikan tak ada korban jiwa dari ledakan di Parkir Timur Stadion Gelora Bung Karno (GBK) tempat berlangsungnya nonton bareng Debat Pilpres 2019 putaran ek 2. Lokasi ledakan saat ini sudah disterilkan.

Kepala Biro Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyatakan Tim gegana Polda Metro Jaya sudah diterjunkan ke lokasi ledakan yang dekat dengan nobar para pendukung capres. Tim masih mengidentifikasi penyebab ledakan.

“Nggak ada korban jiwa, lagi dicek gegana di TKP,” ujarnya. Garis polisi sudah dipasang di sekitar lokasi ledakan. Warga juga diminta untuk menjauh dari lokasi tersebut. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*