fbpx Press "Enter" to skip to content

Tidur dengan Lampu Padam Bagus Bagi Kesehatan

Mari berbagi

JoSS,JAKARTA ‚ÄstTidur kenapa harus pakai lampu dan dalam keadaan terang? Bukankah saat tidur kita dalam keadaan terpejam dan tak butuh penerangan? Sebagian orang sengaja membiarkan lampu padam sebelum tidur. Mereka lebih nyaman dan bisa tidur nyenyak apabila dalam kondisi kamar yang gelap.

Terkadang ada beberapa orang beranggapan tidur tanpa adanya penerangan dari lampu akan merasakan seperti tercekik dan kehabisan napas.

Tapi ternyata menurut hasil penelitian dari New York University School of Medicine, Amerika Serikat mengatakan bahwa cahaya tetap dapat terdeteksi oleh kelopak mata saat kita tertidur.

Seperti dirilis Tribunjateng.com, jika kita tidur dalam kondisi lampu menyala mengakibatkan otak tidak akan memproduksi melatonin yang membantu seseorang untuk tidur lebih lelap.

Lalu apa yang akan terjadi jika kita tidur dalam kondisi lampu padam?

1. Menurunkan risiko kanker payudara

Hasil penelitian dari Nara Medical University School of Medicine, Japan menyatakan bahwa wanita yang tinggal di perkotaan yang sering terpapar sinar lampu dan cahaya elektronik lainnya dapat mengakibatkan risiko kanker payudara.

Oleh karena itu, dibutuhkan waktu tidur dalam keadaan gelap atau mematikan lampu agar menghindari terkena risiko kanker payudara.

Baca juga: Lima Tips Mengatasi Susah Tidur

2. Mencegah kegemukan (obesitas)

Berdasarkan penelitian dari University of Oxford, Inggris menyatakan bahwa wanita yang tidur dalam kondisi lampu padam dapat mencegah kegemukan.

Wanita yang ingin mendapatkan bentuk tubuh ideal disarankan untuk tidur dalam kondisi gelap, jika tidak bisa dapat menggunakan masker mata untuk menghindari sinar yang masuk ke kelopak mata.

3. Menurunkan tingkat insomnia

Hasil penelitian dari National Sleep Foundation menyatakan bahwa tidur yang berkualitas didapatkan karena salah satu faktor pembantunya adalah mematikan lampu sebelum tidur.

Cahaya lampu yang terlalu terang dapat menurunkan kadar melatonin yang diproduksi tubuh sehingga membuat kita susah tidur alias insomnia.

4. Mengurangi tekanan darah tinggi

Selain menurunkan tingkat insomnia, penelitian tersebut menyatakan bahwa orang yang mendapatkan banyak paparan cahaya saat tidur mempunyai tekanan darah yang lebih tinggi daripada mereka yang tidur dalam kondisi gelap.

5. Mengurangi depresi

Tidak hanya lampu saja, namun benda eletronik yang menghasilkan cahayaterlalu terang seperti layar televisi, komputer, ponsel, dan lainnya dapat membuat seseorang susah tidur. Ada hubungannya antara kurang waktu tidur dengan tingkat mood, seperti depresi.(Wiek/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id