Tarif Bagasi Lion Grup Berlanjut, Namun Dengan Penyesuaian

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Kementerian Perhubungan tetap mengizinkan Lion Air dan Wings Air memberlakukan bagasi tercatat berbayar dengan sejumlah penyesuaian. Rencananya maskapai Lion Grup itu akan melakukan penyesuaian pada 7 Februari mendatang.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana B. Pramesti mengatakan sikap itu merespons tunturan publik atas mahalnya biaya bagasi tercatat berbayar yang dikutip maskapai layanan minimum (no frills) atau sering disebut low cost carrier (LCC).

“Untuk Lion karena sudah diberlakukan, akan tetap diberlakukan. Namun ada penyesuaian-penyesuaian, terutama tarif bagasi,” katanya, belum lama ini.

Dia meminta Lion Air dan Wings Air menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan pengenaan biaya tercatat berbayar.

Sejauh ini, beberapa hal yang harus ditindaklanjuti oleh kedua maskapai itu yaitu masih banyak penumpang yang belum memahami tata cara pembelian bagasi melalui prepaid.

Menurut dia, penumpang banyak membeli vocer bagasi di check-in counter dengan harga excess baggage ticket (EBT) yang jauh lebih mahal.

Dia menambahkan tarif bagasi berbayar prepaid tidak disosialisasikan dengan baik sehingga masyarakat belum mengetahui besaran harganya.

Kemudian pembelian bagasi berbayar prepaid melalui situs Lion Air masih terdapat beberapa kekurangan tampilan pada sistem.

Menurutnya, harus ada penjelasan terperinci mengenai pembelian bagasi berbayar untuk penerbangan langsung, transit dan transfer yang dilakukan oleh kombinasi antara Lion Air, Wings Air, maupun Batik Air.

Baca jugaHari Ini Tarif Bagasi Lion Air Berlaku

Poin selanjutnya, adalah agar setiap keluhan penumpang terkait bagasi berbayar dapat ditindaklanjuti secara proporsional dengan menyampaikan tindak lanjut yang dilakukan.

Hal tersebut menjadi suatu informasi yang mengedukasi penumpang, melalui media elektronik, media cetak, maupun media sosial.

Lion Air Group juga diimbau sosialisasi dengan membuat infografik mengenai daftar harga tarif prepaid maupun EBT untuk semua rute yang dilayani dan batasan bagasi prepaid yang dapat dibeli oleh penumpang.

Polana berharap poin evaluasi tersebut dapat segera ditindaklanjuti, agar tidak terjadi polemik berkepanjangan antara penumpang dan maskapai.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro mengatakan On Time Performance (OTP) Lion Air dan Wings Air mengalami peningkatan sejak kebijakan bagasi berbayar diberlakukan.

OTP Lion Air dan Wings Air meningkat menjadi rata-rata 88% dari sebelumnya rata-rata 65%.

“Oleh karena itu, sebagai langkah mempertahankan tingkat OTP yang meningkat ini, kami tetap memberlakukan kebijakan bagasi nol kilogram untuk rute domestik,” ujar dia, Minggu (3/2).

Danang menyebutkan Lion Air dan Wings Air juga akan menyesuaikan tarif mulai 7 Februari 2019. Hal itu dilakukan sebagai bentuk pelayanan yang diberikan kepada penumpang.

“Sebagai maskapai penyedia layanan berkonsep minimum atau no frills/ budget airlines, kami sangat fokus mengutamakan faktor keselamatan, keamanan, kenyamanan penerbangan (safety first),” kata dia. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*