Mentimun Bagus Untuk Penderita Diabetes

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Jumlah penderita diabetes terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini juga disebabkan lantaran orang tidak sadar memiliki gaya hidup yang meningkatkan risiko diabetes.

Selain menjalani gaya hidup sehat dan olahraga teratur, para ahli sepakat untuk memberikan saran pada diabetesi untuk rutin mengonsumsi mentimun.

Seperti diberitakan Foxnews, sebuah studi menunjukkan hasil positif antara konsumsi mentimun dan penurunan kadar gula darah.

“Tikus diabetes diberi makan kulit labu, mentimun dan sayuran lain. Hasilnya, makanan tersebut menurunkan gula darah tikus secara signifikan. Studi ini menunjukkan kalau mentimun bisa menjadi tambahan makanan bagi diabetesi,” ujar Pakar kesehatan Dr Manny Alvarez.

Di sisi lain, Live Science juga pernah membahas perihal mentimun yang memiliki kandungan vitamin C, K dan kalium serta rendah karbohidrat.

Penderita diabetes memang harus selektif memilih makanan agar kadar gula darah tak melonjak dan menimbulkan risiko gangguan penyakit lainnya.

Baca jugaKacang-Kacangan Baik untuk Penderita Diabetes

Meski demikian, diabetesi tak perlu cemas, tersedia cukup banyak pilihan makanan yang aman untuk mereka konsumsi, salah satunya jenis kacang-kacangan.

Kacang mengandung serat makanan dalam jumlah yang tinggi, merupakan tipe nabati yang tidak bisa dicerna atau diserap oleh tubuh. Semua jenis kacang mengandung serat yang dapat larut dalam air, membentuk zat seperti gel yang membantu untuk mengurangi kolesterol dan glukosa.

Hal ini sudah di konfrimasi oleh para peneliti seperti yang dilansir oleh Diabetes Self Management, yaitu salah satunya adalah para peneliti di Universitas Toronto yang telah melakukan penelitian kepada 121 orang yang memiliki penyakit Diabetes tipe 2 dan membaginya menjadi 2 grup.

Grup pertama melakukan diet dengan mengonsumis kacang polong, sedangkan grup kedua melakukan high fiber diet atau juga yang dimaksudkan diet makanan serat.

Hasilnya grup pertama yang mengonsumsi kacang polong memiliki glukosa dan penurunan darah yang lebih besar daripada grup ke dua yang mengonsumsi makanan kaya serat.

Tidak hanya kacang polong saja, ada beberapa kacang-kacang lainnya yang memiliki manfaat yang sama, seperti yang dikutip dari laman Livestrong. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*