Menaker Minta Studio Fashion Buka Kelas Weekend dan Malam Hari

Studio Fashion
Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri meresmikan Studio Fashion Technology, di Semarang, Selasa (26/2) | Foto: instagram kios3in1bbplksmg_
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri meminta Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang,  juga membuka kelas Sabtu, Minggu dan Malam hari pada Studio Fashion Technology. Hal itu untuk memberikan akses peningkatan kemampuan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Dia menuturkan Studio fashion yang terdiri gedung produksi serta ruang pamer yang dilengkapi catwalk untuk memamerkan fashion hasil karya peserta pelatihan itu diresmikan untuk memberikan pelatihan bagi masyarakat tanpa batasan usia dan pendidikan.

Selain itu, lanjutnya untuk peserta dari luar kota juga dapat mengikuti pelatihan melalui Program Boarding di mana akomodasi selama pelatihan akan ditanggung oleh pemerintah alias gratis

“Untuk memfasilitasi pekerja kelas bawah yang ingin meningkatkan skill, saya minta BBPLK Semarang untuk membuka kelas Sabtu-Minggu dan kelas malam. Dengan demikian mereka mendapat akses yang baik guna meningkatkan skill yang nantinya dapat digunakan untuk meningkatkan pekerjaan mereka,” kata Hanif, usai meresmikan Studio Fashion Technology, di Semarang, Selasa (26/2).

Menurut Hanif, fashion merupakan industri terbesar ketiga di Indonesia, setelah kuliner dan kerajinan tangan. Fashion, lanjut dia, berkontribusi terhadap 8,7 persen ekspor Indonesia.

“Fashion memberi kontribusi terhadap pendapatan nasional hingga 8,2 miliar dolar AS atau sekitar Rp122 triliun di 2018,” katanya.

Perkembangan industri  fashion yang sangat cepat harus pula memahami pola konsumsi masyarakat.

Baca juga: Menilik Si Kuncung, Bus Tingkat Khusus Wisata Di Semarang

Di balai latihan kerja ini, kata dia, para peserta pelatihan tidak hanya dilatih tentang kreasi produk, namun juga pemasaran dan pemanfaatan media sosial.

Ia menambahkan studio fashion diresmikan tersebut merupakan yang pertama di Indonesia yang berada di BLK milik Kementerian Ketenagakerjaan.  Ke depan, lanjut dia, 19 BLK milik kementerian yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia akan ditingkatkan kapasitasnya sesuai dengan spesifikasi yang dimilikinya.

Menjawab kebutuhan industri di bidang fashion, Kementerian Ketenagakerjaan membuka pelatihan kerja kejuruan fashion technology yang berlokasi di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Semarang (BBPLK Semarang).

“Di kejuruan fashion technology, siswa tidak hanya diajari membuat kreasi produk, tetapi juga cara memasarkannya, sehingga mereka siap masuk dunia kerja atau berwirausaha,” katanya.

Pengembangan kejuruan fashion technology ini merupakan upgrade dari jurusan menjahit di BBPLK Semarang. Dulunya, Jurusan menjahit hanya menghasilkan lulusan pelatihan untuk menjadi penjahit dan operator mesin garmen.

Setelah dilakukan evaluasi dan pemetaan kebutuhan di era milenial saat ini, maka dibuatlah transformasi kejuruan fashion technology yang dilengkapi fasilitas lengkap untuk menunjang profesional di bidang Industri fashion.

Adapun, sub kejuruan yang dibuka adalah sub kejuruan menjahit pakaian anak-anak, menjahit pakaian wanita dewasa, pembuatan pakaian jadi, designer busana kreasi, designer busana produksi, dan operator bordir.

Dijelaskan Menaker, dari 16 subsektor industri kreatif, industri fashion menempati urutan ketiga setelah subsektor kuliner dan kriya. “Industri fashion menyumbang devisa negara sebanyak USD 8,2 miliar atau Rp 122 triliun dan fashion juga menempati urutan kedua produk terlaris di E-Commerce,” ungkap Hanif. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*