Kulit Leher Tebal dan Hitam Bisa Jadi Penanda Penyakit Ini

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Kulit leher hitam dan menebal bisa terjadi pada beberapa kasus masalah kulit. Namun, jika penyebabnya bukan karena sering terpapar matahari atau lantaran tak pernah ikut dibersihkan saat mandi, maka Anda harus segera memahami gejala ini untuk penanganan lebih lanjut.

Perubahan warna kulit yang menggelap, biasanya di sekitar belakang leher memang bukan jenis penyakit kulit menular. Namun dalam beberapa kasus, penggelapan kulit ini juga bisa menjadi tanda peringatan akan penyakit yang lebih serius.

Dalam istilah medis, leher menghitam disebut juga acanthrosis nigricans (AN).

Kondisi ini menyebabkan kulit menjadi gelap dan tebal hingga mungkin terasa seperti beludru yang bertekstur.

Kasus AN dapat muncul di lipatan kulit lainnya seperti pangkal paha, ketiak, tapi yang paling umum di lipatan leher. Kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja, terutama pada anak-anak.

Kulit yang menghitam dan menebal ini ternyata juga berhubungan dengan kadar insulin dalam tubuh seseorang.

Jadi kalau Anda atau anak-anak memiliki kulit menghitam di bagian belakang leher, itu artinya cenderung memiliki kadar gula tinggi atau rentan mengalami diabetes.

Selain menjadi tanda awal penyakit diabetes, kulit belakang leher yang menghitam dan tebal juga menunjukkan berbagai kondisi, misalnya:

Baca jugaJangan Pernah Mau Pinjamkan Earphone. Ini Alasannya

1. Sindrom cushing

Sindrom ini terjadi karena kadar hormon kortisol yang tinggi secara abnormal. Biasanya disebabkan oleh penggunaan obat kortikosteroid yang berlebihan.

Sindrom cushing disertai gejala munculnya stretch mark, penambahan berat badan signifikan, mudah lelah, dan tekanan darah selalu tinggi.

2. Gangguan hormonal

AN juga dapat terjadi karena hormonal dalam tubuh tidak seimbang. Produksi hormon insulin yang kurang atau hormon lain yang berlebihan bisa menyebabkan penebalan kulit.

3. Kegemukan

Jika kamu perhatikan, anak-anak yang memiliki kondisi AN biasanya bertubuh gemuk cenderung obesitas.

Ini sebaiknya jadi peringatan dini bagi para orangtua saat melihat hal ini. Itu tandanya anak-anak terlalu banyak lemak tubuh dan sebaiknya mulai mengurangi berat badan.

Obesitas juga meningkatkan risiko diabetes. Nah, jadi kulit bagian belakang leher yang menghitam bukan karena jarang mandi, ya! (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*