fbpx Press "Enter" to skip to content

Kontroversi ‘Tidak Dukung Jokowi Jangan Pakai Tol’, Ini Faktanya

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Pro kontra bermunculan usai Walikota Semarang Hendrar Prihadi menyatakan ‘tidak dukung Jokowi jangan pakai jalan tol’. Pernyataan itu mengundang reaksi ketidaksejutujuan, khususnya bagi pendukung calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02, Prabowo – Sandi .

Ucapan Hendi, sapaan akrab sang walikota, terlontar di kegiatan kampanye calon presiden 01 Jokowi, di MG Setos Semarang, Sabtu (2/2). JoSS.co.id mengumpulkan sejumlah fakta berdasar pantauan di lapangan saat kampanye Jokowi berlangsung maupun mengacu penjelasan yang dibeber Hendi di Café Selasih, Semarang, Jawa Tengah, Senin (4/4):

1. Statmen bukan sebagai Walikota Semarang

Hendi menegaskan ucapan ‘tidak dukung Jokowi jangan pakai jalan tol’ disampaikan dalam kapasitasnya sebagai tokoh masyarakat yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang. Kehadirannya di acara kampanye Jokowi mengharuskan ia menanggalkan jabatan walikota untuk sementara waktu.

“Saya sampaikan, kapasitas saya sebagai tokoh masyarakat, Ketua PDI Perjuangan Kota Semarang, jadi tidak dalam kapasitas sebagai walikota,” kata dia.

Hendi juga menyampaikan hadir dalam kampanye itu setelah sebelumnya mengajukan cuti sebagai Walikota Semarang. “Surat cutinya juga ada, bisa dicek di provinsi (Pemprov Jateng),” tegas dia.

2. Pembawa Acara Menyebut Hendi dengan Ketua Panitia Acara

Pengamatan JoSS.co.id saat kampanye Jokowi berlangsung di ballroom MG Setos di lantai 16 dua hari lalu, dua orang pemandu acara tidak pernah memanggil Hendi dengan sebutan Walikota Semarang. Hendi juga tidak pernah disebut sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang.

Baca juga: Akun Walikota Semarang Dibully, Hendi : Terimakasih, Tanda Pengakuan Kerja Jokowi

Malah saat mempersilahkan Hendi memberi sambutan resmi dihadapan Jokowi, pemandu acara memanggil Hendi dengan sebutan Koordinator Acara dan atau Ketua Panitia Deklarasi Dukungan Paguyuban Pengusaha Jawa Tengah ke Jokowi – Ma’ruf.

3. Bukan di sambutan resmi

Pengamatan JoSS.co,id, statmen Hendi soal pendukung 02 jangan pakai jalan tol tidak dilontarkan di sambutan resmi. Sore itu, panitia menggelar berbagai persiapan, salah satunya gladi bersih. Tujuannya agar saat Jokowi masuk ke tengah kegiatan atau acara dimulai, tidak ada hal yang membuat panitia kedodoran.

Ditengah menunggu kehadiran Jokowi tersebut, Hendi maju ke tengah panggung dan menyampaikan beberapa hal, salah satunya meminta agar mereka yang tidak mendukung Jokowi tidak menggunakan jalan tol.

4. Ice breaking, menyemangati pendukung 01

Hal sama juga disampaikan Hendi bahwa statmennya tidak pernah disampaikan di sambutan dihadapan Jokowi saat acara Deklarasi Dukungan Peguyuban Pengusaha Jateng berlangsung.

Dan statmen pendukung 02 jangan gunakan jalan tol disampaikan Hendi sebagai ice breaking, upaya dirinya menyemangati pendukung 01 yang hadir. Agar pendukung 01 tidak ragu lagi memilih Jokowi – Ma’ruf di Pilpres 2019.

“Saya harus perjelas, dalam sambutan resmi saya tidak pernah sampaikan itu. Memang, sebelum Pak Jokowi datang ada waktuice breaking atau gladi bersih yang kemudian sebagai salah satu pendukung Pak Jokowi saya harus bikin semangat pendukung kita, salah satunya saya menyampaikan begitu,” beber dia.

5. Tangkisan atas komentar nyinyir kerja Jokowi

Hendi mengakui adanya statmen mereka yang tidak mendukung Jokowi jangan pakai jalan tol. Namun pernyataan itu bukan tanpa alasan. Statmen itu disampaikan karena ia melihat selama ini kerja keras dari Presiden Jokowi selalu mendapat tanggapan nyinyir dari rival politik maupun pendukung 02.

Termasuk keberhasilan Jokowi menghubungkan Jakarta –Surabaya lewat Tol Trans Jawa. “Kenapa saya sampaikan begitu, karena pesannya jelas. Kemarin jalan tol selesai dibangun, uaaduuuh tetap saja tidak diapresiasi, malah dicemooh. Malah dikatakan kita tidak makan jalan tol pak, jalan tolnya tidak manfaat. Tapi ini kan kita lihat manfaatnya luar biasa,” terang dia. (Joy/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id