KA Kamandaka Purwokerto-Semarang Kembali Dioperasikan

KA Kamandaka Purwokerto
Kereta api indonesia | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, PURWOKERTO – PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali mengoperasikan kembali Kerata Api (KA) Kamandaka jurusan Purwokerto – Semarang dan sebaliknya mulai Februari 2019 ini.

Manajer Humas KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto, Supriyanto mengatakan KA Kamandaka sebelumnya telah melayani rute ini selama lima tahun sejak 2014. Sebab itu, nama KA Kamandaka sudah kadung populer sebagai KA rute Purwokerto-Semarang dan sebaliknya.

Pada tanggal 1 Desember 2018 lalu KA Joglosemarkerto relasi Solo-Kroya-Purwokerto-Tegal-Semarang-Solo pulang pergi (PP) dioperasikan maka KA Kamandaka yang melayani rute Purwokerto-Tegal-Semarang pp, ikut berubah namanya menjadi KA Joglosemarkerto.

“Namun mulai 1 Februari 2019 KA Kamandaka relasi Purwokerto-Tegal- Semarang kembali dioperasikan,” katanya, belum lama ini.

Sementara itu, untuk jadwal perjalanan tidak ada perubahan. Jadwal perjalanan KA Joglosemarkerto yang berubah menjadi KA Kamandaka lagi adalah, KA yang berangkat dari stasiun Purwokerto pukul 05.00, tiba di stasiun Semarang Tawang pukul 09.39.

Kemudian KA Kamandaka yang berangkat dari stasiun Semarang Tawang pukul 11.00 dan tiba di stasiun Purwokerto pukul 16. 04 Selanjutna KA Kamandaka berangkat dari stasiun Semarang Tawang pukul 17.12 dan tiba di stasiun Purwokerto pukul 21.56.

“KA Kamandaka itu sudah sangat melekat di masyarakat, khususnya di jalur antara Purwokerto, Tegal hingga Semarang itu sudah minded, ada di pikiran mereka, naiknya Kamandaka, jadi kebijakan ini untuk memenuhi kebutuhan pengguna setia KA Kamandaka,” katanya.

Menurut Supriyanto, perubahan nama ini cukup membingungkan masyarakat. Pasalnya, dalam sehari ada enam perjalanan kereta dengan nama KA Joglosemarkerto. Padahal rute yang dilayani berbeda, meski berada di jalur yang sama.

Padahal, tiga perjalanan hanya Purwokerto-Semarang pergi pulang (PP), sementara tiga perjalanan kereta lainnya mengitari jalur pantai utara dan pantai selatan sekaligus, meliputi Purwokerto-Tegal-Semarang-Solo-Yogyakarta.

“Makanya kita ingin mengembalikan. Yang kedua, dalam satu hari kereta Joglosemarkerto itu ada enam perjalanan KA,” ucapnya.

Supriyanto menerangkan, dengan dikembalikannya lagi nama KA Kamandaka, ia berharap agar masyarakat tak lagi bingung. KA Kamandaka hanya melayani rute Purwokerto-Semarang PP, adapun KA Joglosemarkerto sampai ke Solo-Yogyakarta.

Baca juga: Gandeng PT KAI dan PT INKA, Waskita Incar Proyek Kereta Api di Filipina

Pembagiannya, perjalanan KA Kamandaka tiga kali, KA Joglosemarkerto tiga kali.

“Jadi perbedaannya, kalau Kamandaka itu hanya khusus Purwokerto-Semarang, Semarang Purwokerto. Kalau KA Joglosemarkerto itu yang Purwokerto-Semarang, bablas ke Solo-Yogyakarta,” jelasnya.

Lebih lanjut Supriyanto mengemukakan, pemberangkatan pertama KA Kamandaka dari stasiun Purwokerto pukul 05.00 WIB, tiba di stasiun Semarang Tawang 09.39 WIB. Kemudian, KA Kamandaka berangkat Semarang Tawang 11.00 WIB dan tiba di stasiun Purwokerto 16.04 WIB.

Perjalanan ketiga KA Kamandaka dari stasiun Semarang Tawang 17.12 WIB dan tiba di stasiun Purwokerto 21.56 WIB.

Adapun perjalanan KA Joglosemarkerto pemberangkatan pertama dari stasiun Solo Balapan 06.00 WIB, Purwokerto 10.25, Semarang Tawang 14.53 WIB dan tiba di Solo Balapan 17.22 WIB.

Pemberangkatan kedua dari stasiun Semarang Tawang 06.15 WIB, Purwokerto 10.40 WIB, Yogyakarta 13.53 WIB, dan tiba di stasiun Solo Balapan 14.50 WIB. Perjalanan ketiga berangkat dari Purwokerto 17.15 WIB, Semarang Tawang 21.41 WIB dan tiba di stasiun Solo Balapan 00.06 WIB.

Supriyanto menambahkan, jumlah rangkaian KA Joklosemarkerto dan juga KA kamandaka masing-masing masih terdiri dari 2 Eksekutif dan 7 Ekonomi dengan total tempat duduk 644 kursi. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*