Ini Penyebab Bandara Kertajati Sepi

bandara kertajati
Bandara Kertajati | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, BANDUNG – Bandara Kertajati menjadi sorotan saat Debat Pilpres 2019 Putaran Ke 2 terkait sepinya penumpang bandara internasional di Majalengka, Jawa Barat ini. Sejumlah persoalan diduga menjadi penyebab seperti tingginya tarif tiket pesawan dan aksesibilitas.

Sekretaris Perusahaan PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Arief Budiman membenarkan tingkat keterisian penumpang untuk layanan penerbangan di Bandara Kertajati ini, anjlok.

“Belum sesuai ekspektasi. Saat ini ‘Load-Factor’rata-rata 20 persen,” katanya, seperti dikutip dari Tempo.co.

Arief membandingkan dengan rata-rata keterisian pesawat atau ‘Load Factor’ saat ini kurang dari separuhnya angkanya tahun lalu. “Sebelumnya di tahun 2018, Load Factor rata-rata diantara 40 persen sampai 50 persen,” kata dia.

Menurut Arief ada sejumlah faktor yang menjadi pemicunya diantaranya harga tiket pesawat yang mahal. Gahkan sejumlah maskapai membatalkan penerbangan dari dan menuju Bandara Kertajati di Majalengka.

“Ada dampaknya juga dengan kenaikan harga tiket, hal itu membuat beberapa airlines melakukan cancel penerbangan dari dan ke KJT (Kertajati),” kata dia.

Baca juga: Garuda Masuk Aktifitas Bandara Kertajati Makin Menggeliat

Selain itu, akses tol yang belum rampung juga menjadi kendala. “Pasti akan berdampak karena untuk warga Jawa Barat di barat cukup satu jam saja dari Bandung ke Kertajati (dengan tol Cisumdawu),” kata dia.

Sementara itu, berlarutnya pemindahan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara di Bandung menuju Kertajati juga membuat penerbangan di Kertajati sepi. “Akan lebih efektif lagi kalau bandar Husein juga ditutup dan rutenya dipindahkan ke KJT,” kata dia. Di sisi lain belum optimalnya pengembangan daerah wisata juga menjadi kendala serius.

Menurut Arief, pengembangan daerah wisata yang lebih optimal di seputaran Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) akan berpengaruh pada peningkatan tingkat keterisian layanan penerbangan di Bandara Kertajati. “Daerah tujuan pariwisata di Ciayumajakuning belum dikemas dengan baik seperti di Banyuwangi,” kata Arief.

Arief mengatakan, sejumlah usulan untuk menggenjot daya tarik Bandara Kertajati sebagai strategi jangka pendek sudah lama diusulkan. Usul tersebut diklaimnya sempat disampaikan pada Menteri Perhubungan. Di antaranya secepatnya merealisasikan pemindahan sebagian penerbangan umrah dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Kertajati.

“Dan mengusulkan ke BNP2TKI untuk bisa mengalihkan penerbangan TKI dari (bandara) Soekarno Hatta ke Kertajati,” kata dia. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*