fbpx Press "Enter" to skip to content

Hendak Dikawinkan Asim Bunuh Pasangannya

Mari berbagi

JoSS, LONDON – Asim, harimau jantan berusia 7 tahun dari Taman Safari Ree di Denmark, dipindah ke kebun binatang London untuk di kawinkan dengan Melati (10 tahun) Harimau Sumatera betina. Meski telah diberikan waktu untuk pendekatan, saat dipasangkan Asim justru membunuh pasangannya.

Seperti diketahui, selama sepuluh hari Taman Margasatwa London menempatkan seekor harimau Sumatra jantan bernama Asim yang baru tiba dari Denmark, di kandang yang terpisah dari harimau betina bernama Melati. Menurut rencana semula, kedua harimau Sumatra ini akan dipasangkan.

Petugas memberi waktu kepada keduanya untuk saling mengetahui keberadaan dan aroma, dan menunggu waktu yang tepat untuk mempertemukan keduanya.

Kepala penjaga harimau kebun binatang London, Kathryn Sanders, minggu lalu mengatakan, “Asim adalah harimau tampan dan percaya diri yang dikenal sangat sayang dengan harimau-harimau betina dalam hidupnya. Kami harap dia akan menjadi pasangan tepat bagi si cantik Melati,” katanya seperti dilansir dari VOAIndonesia, Minggu (11/2).

Baca juga: Selepas Dilantik, Walikota Tlaxiacao – Meksiko Tewas Dibunuh

Hari Jumat (8/2) mereka memasukkan kedua harimau itu ke dalam satu kandang. Namun, siapa sangka…Asim tiba-tiba menyerang Melati hingga tewas, sementara para petugas yang terkejut mencoba untuk turun tangan namun sia-sia.

Ini adalah akhir yang tragis bagi suatu harapan bahwa keduanya akhirnya akan berketurunan, sebagai bagian dari program konservasi se-Eropa bagi sub spesies harimau Sumatra yang terancam.

“Tiap orang di Taman Margasatwa London sedih dengan peristiwa yang terjadi dan matinya Melati. Fokus sekarang adalah memelihara Asim sementara kami mengatasi keadaan yang sulit ini,” kata pernyataan yang dikeluarkan Taman Margasatwa di London.

Menurut organisasi “Harimau Dalam Krisis”, saat ini hanya tinggal 500 sampai 600 ekor harimau yang hidup di hutan Sumatra.

Sebelumnya, Asim yang dipindahkan dari Taman Safari Ree di Denmark mulai beradaptasi dengan rumah barunya setelah tiba di Kebun Binatang London pekan ini.

Para penjaga berharap mereka akan segera “mendengar suara bayi harimau.”

Asim, gagal dipasangkan dengan Melati lewat Program Spesies Terancam Punah Eropa bagi harimau Sumatra, yang dikoordinir oleh para pakar Kebun Binatang London untuk menyelamatkan spesies itu dari kepunahan. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id