Haul Gus Dur, Ratusan Ribu Umat dan Tokoh Agama Siap Jaga NKRI

gus dur
Acara Haul Gus Dur di Solo, Jateng | Foto: nu.co.id
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Sebanyak 101.000 orang dan berbagai tokoh agama menyatakan sikap dalam deklarasi damai dalam rangkaian Haul Ke-9 Gus Dur. Mereka menyatakan siap menjaga kebinekaan dan NKRI.

Ketua Umum Haul Ke-9 Gus Dur, Husein Syifa, mengatakan seluruh peserta berikrar dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kami akan selalu berusaha untuk menjadi manusia yang bertakwa kepada Allah. Lantas, memegang teguh kesepakatan luhur hidup berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika,” katanya di kawasan Stadion Sriwedari Jumat (23/2).

Husein menambahkan seluruh peserta peringatan haul akan mengedepankan rasa luhur, kedamaian, dan kerukunan antar sesama dalam Pemilu 2019. Dia menegaskan rasa mengutamakan akhlak karimah dan budi pekerti luhur di manapun berada.

Sementara itu, seluruh peserta harus aktif meningkatkan kecakapan diri untuk hidup bermartabat dalam kemajuan zaman serta mampu menjadi penggerak bagi kemajuan masyarakat dengan sendi nilai luhur bangsa Indonesia. Peserta juga bersikap untuk selalu menghormati pendiri bangsa, NKRI, dan selalu menghargai kerja keras pemerintah Indonesia yang selalu fokus pada rakyat, bangsa, dan negara.

Terakhir, dalam penyampaian sikap ia menegaskan untuk selalu menjaga harmoni keluarga, mendidik dan mengasuh anak-anak dengan tanggung jawab untuk menjadi generasi penerus yang berkualitas bagi bangsa dan negara.

Putri Gus Dur, Yenny Wahid, mengatakan siapa pun masyarakat yang merasa dekat dengan Gus Dur untuk selalu mencerminkan nilai-nilai yang selalu diajarkan Gus Dur. Nilai itu seperti tidak memberikan ruang kepada kelompok intoleran dan selalu berjuang dengan nilai ke-Bhinnekaan, Islam yang ramah untuk selalu menjaga kaum yang lemah.

Baca juga: Haul Gus Dur di Solo Bakal Ada Penampilan Barongsai dan Naga Liong

Seperti dikutip dari HarianJogja, ratusan ribu umat memadati kawasan Plaza Manahan Solo sejak pukul 13.00 WIB, Sabtu (23/2). Masing-masing orang membawa bendera merah putih yang diikatkan pada sebuah tiang bambu.

Di kepala mereka terikat sebuah simbol bendera merah putih. Ada yang mengenakan pakaian berwarna hitam, putih, dan merah simbol dari komunitas mereka masing-masing.

Lantunan selawat semakin mengeras ketika hujan yang tiba-tiba turun. Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, yang hadir di lokasi berteriak. “Hujan bukan halangan untuk tetap bersemangat,” ujarnya yang lantas masuk ke dalam barisan kirab kebangsaan menuju Stadion Sriwedari.

Sebuah naga atau liong tradisi kesenian kaum Tionghoa tak ketinggalan memeriahkan kirab dengan tema Berjuta Warna Satu Jiwa Indonesia dalam rangka Haul ke-9 Gus Dur itu. Koordinator Kirab Nusantara, Agus Himawan, mengatakan kirab bertujuan untuk meneduhkan suasana Indonesia saat ini.

“Dalam rangka Haul Gus Dur kami ingin memunculkan sisi kebangsaan Gus Dur agar para masyarakat semakin muncul rasa kebangsaan. Jati diri kita adalah satu Indonesia dengan peserta kirab berbagai masyarakat seperti warga Nahdatul Ulama, Pagar Nusa, perwakilan pondok pesantren dan elemen masyarakat tiong hoa. Kami bersatu padu,” ujarnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*