fbpx Press "Enter" to skip to content

Durian Bakar Samarinda Lagi Hits di Malaysia

Mari berbagi

JoSS, SAMARINDA – Jika beberapa waktu lalu muncul kelapa bakar, kini ada yang lebih ekstrem yaitu durian bakar. Bagi penyuka buah yang dijuluki “King of Fruit” ini, aromanya yang menyengat adalah daya tariknya. Sementara bagi yang tak menyukai, aroma durian bisa mengakibatkan pusing. Namun, durian tetap ramai menjadi bahasan di mana-mana.

Bahkan tak jarang, buah ini juga menjadi buah tangan ketika mengunjungi beberapa tempat wisata. Biasanya penggemar buah dengan kulit keras ini menikmatinya beramai-ramai. Tapi kini ada cara baru untuk menikmati buah drian, yakni dibakar.

Dirilis mynewshub.cc pada awalnya cara makan durian dengan dibakar ini dianggap hoax. Ini benar-benar ada. Anda hanya perlu meletakkan buah durian di atas bara api beberapa menit.

Setelah duri-durinya terbakar dan terlihat menghitam, durian sudah masak adalah kulitnya di bagian ujung buah akan membuka sedikit sehingga terlihat isi di dalamnya.

Menurut pengguna Fanpage Smartdory, durian yang dibakar rasanya lebih lezat, lebih manis dan lembut. Selain itu, tentu saja lebih mudah membuka kulit durian yang keras.

Di Malaysia durian bakar ini sedang populer dan jadi favorit para turis. Bukan hanya dimakan langsung, orang Malaysia punya cara kreatif untuk mengolah durian. Mulai dari dijadikan es krim, isian sus, hingga topping pizza. Kini yang sedang hits adalah olahan durian bakar.

Baca jugaNyawa Melayang Setelah Konsumsi Durian dan Kopi, Ini Sebabnya 

Dikutip dari World of Buzz, salah satu penjual durian bakar ada di Jalan Gaya Food Night Market, Kota Kinabalu. Menu ini dijual RM 60 atau sekitar Rp 205.000 per buah.

Adalah Dennis Chan, sosok yang beride memunculkan menu durian bakar. Ia terinspirasi dari gerai makanan di dekatnya yang menjual kelapa muda bakar.

“Sejak saya berjualan di sini bulan lalu, durian bakar jadi menu populer di kalangan turis China, Korea Selatan, dan masyarakat lokal pencinta durian,” kata Dennis.

Untuk membuatnya, durian dibungkus aluminium foil sebelum dibakar sekitar 45 menit sampai kulitnya menghitam. Pemakaian api arang membuat aroma durian bakar jadi harum enak. Dennis menjual durian bakar ini hanya pada Jumat dan Sabtu, mulai pukul 6 sore sampai 2 pagi.

Bukan hanya di Malaysia, durian bakar sebenarnya juga sudah populer di beberapa daerah di Indonesia. Untuk menikmati durian ini sebaiknya tunggu hangat beberapa saat usai dibakar.

Kabarnya daging durian terasa lembut dan creamy tanpa aroma yang terlalu menyengat. Cocok bagi mereka yang tak terlalu suka aroma durian. (Wiek/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id