Cinta Laura Kecam Tindakan Body Shaming

Cinta Laura
Cinta Laura | Foto: instagram
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Cinta Laura sangat mengecam tindakan tindakan body shaming, yang seolah-olah sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan masyarakat kita.

Padahal menurut Cinta Laura, hal itu dapat menyinggung perasaan. Karena persoalan berat badan, sebenarnya adalah hal yang sangat bersifat pribadi.

“Kadang-kadang ada orang yang suka ngebully orang lain yang enggak terlalu langsing, buat aku itu benar-benar enggak fair,” ungkap Cinta Laura belum lama ini.

Menurut dia, setiap orang punya bentuk badan beda-beda, ada yang punya bentuk badan lurus, terus ada yang punya tipe badan curvy, semua orang beda-beda, tidak bisa disamakan,” sambungnya.

Bahkan menurut keterangan Cinta Laura, dalam kultur Barat, membahas bentuk tubuh orang lain adalah hal yang cukup sensitif, dan tidak sopan. Jadi sudah seharusnya masyarakat Indonesia mengubah kebiasaan body shaming.

“Di luar negeri kita sama sekali enggak boleh komentar soal berat badan orang lain, mau dibilang tampak lebih kurus atau gemuk. Itu private,” ujar artis yang banyak menghabiskan waktu di Amerika Serikat tersebut.

Baca juga: Samsons: Agar Hubungan Indonesia-Filipina Tetap Baik

Cinta Laura kemudian berbagi pengalamannya tentang body shaming. Ia pernah merasa kesal saat proporsi tubuhnya menjadi pembahasan.

“Dan aku ingat banget pas aku masih remaja dulu, kadang-kadang kalau aku naik berat badannya teman-teman media suka bilang ‘Oh gemukan ya,’ menurut aku itu benar-benar enggak sopan, dan enggak fair,” paparnya.

Body shaming adalah istilah yang merujuk pada kegiatan mengkritik dan mengomentari secara negatif fisik atau tubuh diri sendiri maupun orang lain. Meski lebih banyak dialami oleh cewek, tak sedikit juga para cowok yang pernah jadi korban.

Seringkali kita gak sadar telah melakukan body shaming atau bahkan bersembunyi di balik candaan dan ejekan karena si korban yang kesannya baperan. Padahal melakukan body shaming itu bahaya.

Body shaaming bahkan bisa berujung pada depresi atau bunuh diri.

Kamu membiarkan orang lain juga berkesempatan melakukan body shaming padamu karena kamu tidak berusaha menjaga dan menerima dirimu dengan positif. Hargailah dirimu sendiri dengan tidak melakukan body shaming pada orang lain.

Tak ada orang yang sama persis di dunia ini, meski kembar siam sekaligus. Semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Itulah yang membuat kita unik dan tidak bisa disamakan dengan orang lain.

Orang yang menjadi korban body shaming juga punya kelebihan yang mungkin gak kamu miliki, begitu pula sebaliknya. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*