Betonisasi Jadi Standar Jalan di Semarang

standar jalan
Walikota Hendrar Prihadi melayani ajak warga Bangetayu Kulon untuk berfoto bersama di sela kegiatan jalan sehatnya, Selasa (26/2). Foto: | Foto: gus/joss.co.id
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Metode jalan dengan struktur beton dipastikan akan menjadi standar jalan di Kota Semarang. Dengan demikian diharapkan, kekuatan badan jalan menjadi meningkat dan tidak mudah rusak.

Menurut Walikota Semarang Hendrar Prihadi, pembangunan jalan cor beton akan dilakukan di seluruh jalan. Bahkan termasuk jalan kelas kampung-pun juga akan dicor.

“Jalan Widuri yang rusak ini seharusnya sudah diperbaiki. Tapi apa masalahnya? Apa ada truk lewat? Kalau iya kenapa struktur jalannya tidak pakai tulang? Kok pakai aspal?” terangnya kepada JoSS.co.id di sela acara jalan sehat di Bangetayu Kulon, Semarang, Selasa (26/2).

Dijelaskan, Jalan Widuri yang banyak dilalui truk bermuatan berat membutuhkan kekuatan beton yang lebih kuat dan mampu menahan beban besar dalam kurun waktu 10 tahun. Upaya ini sekaligus menjawab keluhan sebagian warga mengenai jalan yang rusak di wilayahnya.

Betonisasi meski bertahap, akan lebih efektif jika dibanding sistem paving dan aspal. Pembangunan jalan dengan aspal atau paving akan rusak lagi dan anggaran akan berulang lagi.

Baca juga: Halte BRT Trans Semarang Bandara Ahmad Yani Dioperasikan

Karenanya, dalam kesempatan tersebut Hendi langsung menginstruksikan Kepala Dinas PU dan Perkim untuk melakukan perbaikan di sepanjang ruas Jalan Widuri.

“Direncanakan mulai awal minggu depan, perbaikan jalan diperkirakan selesai Maret hingga awal April mendatang. Pengerjaan dimulai dengan proses levelling atau pengerasan untuk selanjutnya dicor beton,” tukasnya.

Ditambahkan, berbagai kendala dan permasalahan sebagaimana di Jalan Widuri tersebut, menurut Hendi, harus menjadi perhatian semua warga. Tidak hanya melalui agenda jalan sehat, tetapi berbagai uneg-uneg dan masalah warga diminta Hendi untuk disampaikan termasuk melalui Musrenbang.

“Temukan kendala yang menjadi titik lemah di wilayah masing-masing, perjuangkan dalam Musrenbang. Saya yakin yang bisa membuat wilayah ini baik dan hebat ya kita sendiri, “ ajak Hendi memotivasi warga.

Di sisi lain, upaya mewujudkan jalan yang bebas dari genangan di wilayah timur juga telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Semarang. Pembuatan Pompa Sringin menjadi salah satu upaya yang dilakukan Walikota Hendi guna mengurangi genangan di wilayah timur termasuk daerah Kecamatan Genuk.

“Keberadaan pompa Sringin Insya Allah akan mampu mengurangi potensi genangan hingga 60-70 cm. Sebagai optimalisasi, pengerukan seluruh saluran tertier serta sekunder juga telah selesai dilakukan. Diharapkan pompa dan sistem akan sukses berjalan jika tidak ditemukan lagi daerah cekungan. Pengecekan dilakukan dengan menunggu curah hujan,” ujarnya. (gus/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*