COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

113.134

115.056

2%

Kasus Baru

1.679

1.922

14%

Update: 4 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Arung Jeram Sungai Progo Cocok Untuk Pemula

arung jeram
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, MAGELANG – Jangan dikira kalau ke Magelang cuma ada Candi Borobudur yang bisa dinikmati wisatawa. Di seputar Candi Borobudur ternyata tersedia pula wisata berupa tak hanya wisata beberapa arung jeram yang cukup dikenal, diantaranya adalah arung jeram di Sungai Elo dan Sungai Progo.

Seperti dirilis Tempo.co, harga untuk paket arung jeram ini dihitung per perahu, mulai Rp 900 ribu hingga Rp 1,5 juta. Satu perahu kapasitas 5 orang. Berikut tiga pilihannya.

1. Sungai Elo

Tak jauh dari Candi Borobudur, Sungai Elo memiliki tingkat jeram I hingga III+, yang tentunya cocok untuk pemula atau kelompok berupa keluarga. Panjang jalur arung jeram ini sekitar 10 kilometer.

Karakter sungai Elo pun relatif stabil dan aman baik, jadi aman diarungi saat musim kemarau maupun musim hujan.

Arung Jeram Sungai Elo adalah paket kegiatan wisata menyusuri sungai Elo grade II+, kategori pemula, sepanjang 11 Km menggunakan perahu arung jeram, dengan didampingi pemandu profesional pada setiap perahunya. Start dari Jembatan Blondo, finish di jembatan Mungkid Kabupaten Magelang, dengan lama kegiatan 2.5 jam.

Sungai Elo, merupakan anak Sungai Progo yang berkarakter penampang sungai sempit dengan debit air cukup stabil sepanjang tahun. Sepanjang jalur sungai pada trip ini, di dominasi air tenang atau flat. Beberapa jeram cukup mampu menggoncang perahu, namun keindahan panorama sepanjang sungai adalah daya tarik tersendiri dibandingkan dengan paket trip arung jeram yang lain.

Baca juga: Sepur Kalen, Wisata Baru Susur Sungai di Boyolali

Kondisi air sungai elo pada musim kemarau yang nampak jernih dan berarus tenang ideal untuk melakukan berbagai permainan air seperti flip-flop, spinning, atau sekedar berenang renang, menikmati manfaat pelampung arung jeram.

2. Sungai Progo Atas

Bagi yang butuh tantangan bisa pilih paket jeram Sungai Progo Atas yang memiliki jeram dalam tingkat III dan IV. Panjangnya sekitar 15 kilometer. Bisa dilakoni saat musim hujan maupun musim kemarau.

3. Sungai Progo Bawah

Bagi yang memang gandrung akan kegiatan arung jeram dan ingin level yang lebih tinggi d kawasan Candi Borobudur itu, bisa pilih lokasi di Sungai Progo Bawah. Di sini level jeramnya antara tingkat V dan V+. Rute petualangan di jeram ini memiliki panjang 25 kilometer. (wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*