April Nanti Pengoperasian Bandara Kulonprogo Menggunakan Mobile Tower

Kulonprogo
Desain New Yogyakarta International Airport (NYIA) atau bandara kulonprogo | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Pihak PT Angkasa Pura (AP) 1 menyatakan untuk pengoperasian perdana New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo pada April mendatang sebuah mobile tower sebagai pemandu lalaulintas udara di siapkan.

Non Terminal Manager NYIA, Hendro Susanto, mengatakan mobile tower ini sebagai pengganti tower navigasi atau biasa disebut tower Air Traffic Controller (ATC) Bandara Kulonprogo yang saat ini masih dalam tahap pembangunan.

“Saat ini untuk bangunan tower masih proses pembangunan, jadi untuk pengoperasian penerbangan Internasional nantinya memakai satu mobile tower, AirNav yang menyediakan dan lokasinya di sisi apron sebelah barat,” ujar Hendro, seperti dikutip dari HarianJogja, Senin (18/2).

Ia memastikan fungsi mobile tower ini sama dengan tower ATC. Mobile tower sebelumnya pernah digunakan di Bandara Mutiara SIS Al Jufri Palu, pasca gempa yang mengguncang Kota Palu dan sekitarnya, pada 28 Oktober merobohkan tower ATC di bandara tersebut.

Baca juga: Bandara Kulonprogo Magnet Investasi Bagi DIY

Pemasangan mobile tower di NYIA rencananya akan dilakukan pada pertengahan Maret 2019 bersamaan proses verifikasi dari Direktorat Bandar Udara (DBU), terkait kesiapan fasilitas untuk operasional bandara pada April mendatang.

“Kemungkinan mobile tower akan dipake sampai November [2019], sekaligus menunggu bangunan tower ATC bisa digunakan, lebih lanjut bisa tanyakan ke pihak AirNav,” kata Hendro.

Terkait progres pembangunan NYIA untuk dioperasikan pada April mendatang, Senior Corporate Communication PT Angkasa Pura I Awaluddin memaparkan saat ini telah mencapai 69,7%. Sedangkan secara keseluruhan proyek NYIA sebesar 35%. “Terminal yang ada saat ini sudah jadi dengan luasan 12.900 meter persegi. Untuk sisi airside secara keseluruhan mencapai 16 persen,” ujarnya.

Untuk area terminal dengan fix bridge dan area penumpang, saat ini sedang tahap perampungan. Sejumlah pekerja tengah mengerjakan pemasangan ubin, platform, instalasi listrik, dan hal teknis lainnya.

Begitu juga di bagian landasan pacu pesawat sepanjang 3.250 meter dengan lebar 75 meter yang saat ini sudah memasuki tahap pengaspalan di beberapa titik. Secara paralel pembangunan apron dan taxiway juga tengah diselesaikan. Guna mempercepat pembangunan, AP 1 berencana menambah jumlah pekerja dari 4.800 menjadi 5.000 orang. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*