Tak Harus Ke Jepang, Nikmati Bunga Sakura di Indonesia Akhir Maret Nanti

Jepang
Bunga sakura | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Musim mekar bunga sakura di Jepang menjadi momen yang menjadi daya tarik wisatawan untuk menikmatinya. Biasanya waktu tersebut, adalah saat warga Jepang akan merayakan ritual hanami atau berpiknik sambil menikmati pesona bunga sakura.

Untuk menyaksikan mekarnya bunga sakura bisa dilakukan pada musim semi. Sayangnya musim semi saat mekarnya bunga Sakura itu tak selalu seragam di Jepang.

Sebagai contoh, musim semi di daerah Okinawa mulai pada Januari. Sedangkan sebagian besar daerah di Jepang biasanya berlangsung pada akhir Maret hingga pertengahan Mei.

Badan Meteorologi Jepang (JMC) baru saja merilis ramalan untuk wisatawan yang akan datang ke Jepang untuk menyaksikan bunga sakura bermekaran.

Berdasarkan data yang didapat dari JMC, pada tahun ini bunga sakura di Tokyo akan mulai pada 22 Maret dan mekar secara utuh pada 29 Maret.

Baca juga: Wisata Ladang Jagung Teletubbies 

Sementara itu sebagian daerah Jepang lainnya akan dimulai pada akhir Maret atau awal April, Itu sebabnya bulan tersebut menjadi waktu yang tepat bagi wisatawan mengunjungi Jepang.

Contohnya adalah di Kyoto yang akan dipenuhi bunga sakura pada 25 Maret sampai 2 April, atau Osaka pada 27 Maret hingga 3 April. Namun daerah lain seperti Honshu, Aomori, dan Hokaido akan berlangsung lebih lambat mulai April hingga awal Mei.

Naah, untuk menyaksikan bunga Sakura kini tak perlu jauh-jauh ke Jepang. Di Indonesia bunga ini sudah mulai ditanam.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tahun lalu bahkan meresmikan Taman Wisata Sakura Gunung Lawu di Dusun Tlogodringo, Desa Gondosuli Cemoro Kandang, Kabupaten Karanganyar.

Karena masih dalam tahap pertumbuhan, maka turis baru bisa merasakan pemandangan hanami di sana pada beberapa tahun lagi.

Merangkum dari berbagai sumber, selain di Lawu inilah daftar tempat melihat Bunga Sakura di Indonesia:

1. Karangasem, Bali

Sekitar tahun 2012, beberapa lokasi di Karangasem, Provinsi Bali, dipilih sebagai tempat ditanamnya ratusan bibit Bunga Sakura.

2. Cibodas, Jawa Barat

Tempat ini adalah yang pertama ditanami bibit Bunga Sakura di Indonesia. Sudah dimulai sejak tahun 1953, tak heran jika di tempat ini tumbuh sedikitnya tujuh jenis Pohon Sakura.

3. Waingapu, Nusa Tenggara Timur

Meskipun Pulau Sumba identik dengan daerahnya yang kering, namun Bunga Sakura di sini justru tumbuh dengan sendirinya di pinggir jalan pedesaan.

4. Batam, Kepulauan Riau

Bunga Sakura yang tumbuh di sini memang sengaja ditanam untuk mempercantik komplek perumahan. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*