Sisi Utara Tersambung, Pemerintah Fokus Garap Tol Sisi Selatan

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Setelah tol Trans Jawa mulai dari Merak – Surabaya tersambung pada akhir tahun lalu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun ini bakal fokus pada pembangunan pembangunan sejumlah tol di Jawa Barat.

Direktur Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto mengatakan setelah beroperasinya Tol Trans Jawa pada sisi utara, kini fokus pemerintah untuk mengembangkan jalan bebas hambatan dari sisi selatan.

Dia menututurkan, progres pekerjaan jalan tol yang didiskusikan di antaranya tol Ciawi-Sukabumi dan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) serta rencana pembangunan Tol Sukabumi-Padalarang dan Tol Cileunyi-Garut-Tasik (Cigatas).

“Setelah beroperasinya Tol Trans Jawa di sisi utara pada akhir tahun lalu, pemerintah mulai mengerjakan Tol Trans Jawa sisi Selatan,” kata Sugiyartanto dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/1).

Lebih lanjut, dia menuturkan, untuk Tol Ciawi-Sukabumi Seksi I Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 Km sudah beroperasi sejak Desember 2018.

“Untuk Seksi II Cigombong- Cibadak (11,9 km), Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat (13,7 km), serta Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13 km), ditargetkan rampung pada tahun 2020,” jelasnya.

Paralel dengan konstruksi Tol Ciawi-Sukabumi, pemerintah juga sudah memulai persiapan pengerjaan tol lanjutannya, yaitu Sukabumi-Ciranjang (30 Km) dan Ciranjang-Padalarang (27 Km).

Baca juga: Tarif Tol Solo-Semarang Ditetapkan, Berlaku Besok

Sementara untuk Tol Cigatas, Sugiyartanto menuturkan ruas tol tersebut telah masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). Pihaknya mengharapkan pengerjaan dapat segera dimulai dalam waktu dekat.

Bila sudah beroperasi nantinya, kendaraan yang akan menuju Bandung atau wilayah Selatan lainnya dapat melintas ruas tol tersebut. Jalur tersebut akan menjadi pilihan baru bagi masyarakat selain rute tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi.

Seperti dikutip dari Kontan.com, saat ini, proyek tol tersebut sedang memasuki tahap penetapan lokasi (penlok). Penlok dilakukan oleh Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR untuk segera diajukan ke Pemprov Jabar.

Adapun saat ini desain rutenya sedang disiapkan. Rencana akan diteruskan hingga ke Cilacap sehingga, tol tersebut nantinya akan menghubungkan daerah Gedebage-Majalaya-Garut-Kota Tasikmalaya-Kabupaten Tasikmalaya-Ciamis-Banjar.

Sementara untuk konstruksi tol Cisumdawu, Hedi menjelaskan pada tahun ini, akan mulai konstruksi simpang susun (interchange) yang menghubungkan ujung tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) menuju tol Cisumdawu.

Pemerintah mengestimasi akan ada kepadatan lalu lintas di sekitar Cileunyi. Hal tersebut merupakan bagian dari konstruksi segmen Cileunyi-Cipeles.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta selain jalan tol, pemerintah membangun akses jalan terkait rencana ditetapkannya Pangandaran sebagai Kawasan Ekonomi Khusus/ Kawasan Pariwisata Nasional (KEK/KSPN) dalam waktu dekat. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*