Sejumlah Underpass Tol Brebes-Pemalang Banjir

brebes
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, SLAWI – Sejumlah underpass Tol Brebes – Pemalang tepatnya di Kecamatan Adiwerna banjir di sejumlah titik saat hujan tiba. Hal itu karena di sepanjang terowongan tersebut tidak ada saluran air.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tegal, Nursidik mengatakan sejumlah underpass Tol Brebes-Pemalang di wilayah Kecamatan Adiwerna terdapat genangan air hujan saat musim hujan mulai tiba.

Di antaranya, lanjutnya underpass Penarukan, underpass Lumingser, dan underpass Pedagangan.

Menurut dia penyebab banjir tersebut lantaran ketiadaan saluran, sehingga air tidak bisa mengalir ke saluran pembuangan.

“Jalan underpass sulit dilewati pengendara sepeda motor, karena tergenang air,” kata politikus PDIP itu seperti dirilis SMNetwork, Rabu (2/1).

Pihaknya tidak memahami mengapa kontraktor pembangunan tol tidak membuat drainase jalan underpass. Padahal, seharusnya kontraktor sudah memperhitungkan hal itu agar air tidak menggenangi jalan.

Baca jugaMusim Hujan Waspadai Banjir , Tanah Longsor Dan Pohon Tumbang

Jika intensitas hujan tinggi akan membahayakan masyarakat setempat, lantaran air sulit surut sehingga jalan selalu tergenang.

“Jika intensitas hujan tinggi, air bisa masuk perumahan warga,” ujarnya.

Saluran air jalan di bawah jembatan tol, wajib dibangun oleh kontraktor pembangunan tol. Pihaknya meyakini dalam desain pembangunan tol, dipastikan ada gambar drainase. Namun, dalam pelaksanaannnya kontraktor tidak membuat drainase jalan tetsebut.

“Pastinya setiap underpass ada gambar saluran airnya. Tapi sejumlah ruas tidak dibangun,” kata Nursidik.  Pihaknya mendesak kontraktor segera membangun drainase. Jika dibiarkan, maka akan menghambat aktivitas warga. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*