fbpx Press "Enter" to skip to content

Peringati 40 Tahun China-AS, Ini Harapan Xi Jinping dan Trump

Mari berbagi

JoSS, CHINA – Memperingati 40 tahun hubungan diplomatik China dan Amerika Serikat ke dua kepala negara seakan berbalas pantun mengemukakan isi hati dan harapan dalam pidato yang di sampaikan saat mengawali tahun yang baru.

Presiden China Xi Jinping dalam pidatonya mengungkapkan harapannya bahwa sejarah memperlihatkan kerja sama merupakan pilihan terbaik bagi China dan Amerika Serikat, Selasa (1/1).

Kedua negara yang terlibat perang dagang sepanjang 2018 itu kini memasuki fase gencatan senjata selama 90 hari. China dan AS sepakat untuk mengambil jalur meja runding demi mengakhiri perselisihan yang membuat mereka menaikkan tarif terhadap komoditas impor masing-masing.

Sepeti dikutip dari Reuters, Xi menyampaikan harapan dan pesannya kepada Trump bahwa hubungan China-AS telah mengalami pasang surut, namun hal tersebut berdampak pada kemajuan bersejarah selama empat dekade terakhir.

Baca juga: Perekonomian Dunia Menunggu Pidato Presiden China Xi Jinping Hari Ini

Xi menuturkan, meski mengalami hubungan yang sempat memburuk, namun kondisi tersebut juga membawa manfaat besar bagi kedua bangsa dan berkontribusi besar bagi perdamaian dunia, stabilitas, dan kemakmuran, lanjut Xi sebagaimana diberitakan kantor berita pemerintah Xinhua.

“Sejarah telah membuktikan bahwa kerja sama adalah pilihan terbaik bagi kedua belah pihak, bauik antara kedua denaga maupun kontribusinya terhadapa perdamaian dunia,” kata Xi.

Xi menambahkan bahwa hubungan China-AS tengah berada pada fase yang menentukan.

Xi juga mengutarakan pengembangan hubungan China-AS adalah suatu hal yang penting dan ia bersedia bekerja sama dengan Trump untuk membicarakan perkembangan tersebut.

“Saya siap bekerja sama dengan Presiden Trump untuk mengimplementasikan konsensus yang kami capai dalam upaya memajukan hubungan China-AS yang meliputi koordinasi, kerja sama, dan stabilitas sehingga lebih bermanfaat bagi kedua negara termasuk seluruh dunia,” sambung Xi sebagaimana dikutip dari Kabar24.com.

Di sisi lain, Trump juga menyampaikan pesan balasannya tersendiri. Kantor berita Xinhua menyebut Trump mengatakan promosi hubungan AS dan China yang kooperatif masuk dalam prioritasnya.

Xi dan Trump juga berbicara melalui telepon selama akhir pekan. Trump mengatakan dia memiliki “panggilan yang panjang dan sangat baik” dengan Xi dan bahwa kemungkinan kesepakatan perdagangan antara Amerika Serikat dan China mengalami kemajuan dengan baik. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id