Jalur Baru Flyover Brebes Khusus Untuk Kendaraan Berat

flayover
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, BREBES – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan membangun jalur baru di jalan layang (flyover) Kretek, Kabupaten Brebes, yang rencananya dikhususkan untuk kendaraan berat sebagai upaya mengantisipasi kecelakaan yang kerap terjadi di ruas jalan tersebut.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan dengan adanya jalur baru tersebut nantinya kendaraan berat tidak boleh masuk flyover Kretek. Dia menuturkan proyek tersebut sudah masuk lelang pada anhir tahun lalu.

“Akan dibuat jalur baru, kendaraan berat nantinya tidak lewat atas (flyover Kretek), Desember 2018 sudah lelang tinggal penetapan, Senin besok kita rapatkan termasuk PT KAI kita minta dukungannya agar kita lebih cepat untuk menyelamatkan warga agar warga merasa aman,” kata Ganjar seperti dikutip dari Antara, Jumat (18/1).

Dia mengungkapkan pembangunan jalan layang Kretek awalnya dibangun untuk mengurai kemacetan lalu lintas di lokasi tersebut, namun dalam perkembangannya sering terjadi kecelakaan kendaraan berat yang mengakibatkan banyak korban jiwa.

“Dulu di daerah sini macet parah sehingga saya minta `flyover` ini satu tahun ke Presiden dan Menteri PU langsung dikasih. Adanya `flyover` ini menyelamatkan seluruh sistem transportasi yang ada, namun ternyata ada persoalan lain yang timbul,” ujarnya.

Selain pembuatan jalur baru tersebut, Ganjar juga akan mengoptimalkan jembatan timbang di Ajibarang.

Baca jugaHindari Flyover Kretek, Jalur Lingkar Baru di Brebes Digagas

Dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Brebes, Ganjar pun sempat mengecek jembatan timbang Ajibarang dan meminta petugas disana mengambil tindakan tegas untuk melarang kendaraan berat yang melebihi batas tonase melintasi jalan layang Kretek.

“Menurut keterangan warga, masih ada truk `overload` yang melintas. Saya minta dipasang CCTV sehingga dapat dideteksi dan diambil tindakan,” tegasnya.

Menurut Ganjar, tindakan represif dan tegas itu perlu dilakukan karena menyangkut nyawa seseorang.

“Mereka yang nekat melintasi `flyover` dengan muatan `overload` akan diberikan sanksi tegas, kalau perlu nanti akan kami cabut izin usahanya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Preservasi Direktorat Jenderal Bina Marga Balai VII, Birviq Ady S menambahkan, pihaknya berencana membangun jalan baru di bawah jalan layang Kretek.

“Jalur baru itu nantinya akan difungsikan untuk kendaraan berat, jadi nanti truk bermuatan berat tidak blewat atas, tapi lewat jalan baru yang akan kami bangun,” katanya.

Sebaga informasi, sejak difungsikan terjadi puluhan kecelakaan yang didominasi truk bermuatan berat di jalan layang Kretek dengan puluhan warga menjadi korban.

Tingginya intensitas kecelakaan di lokasi tersebut juga menjadi perhatian pemerintah pusat, bahkan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) diterjunkan ke lokasi tersebut melakukan investigasi. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*